Cara Mencuci Mobil yang Efektif

CarWash24181927std1-1

Mencuci mobil merupakan sesuatu yang biasa dilakukan oleh para pemilik mobil, namun tidak jarang para pemilik mobil membawa mobilnya ke CAR WASH karena tidak ingin repot-repot. tetapi tahukah anda, banyak dari para penyedia jasa mencuci mobil menggunakan sabun colek untuk mencuci dan membersihkan mobil anda. Memang dalam jangka waktu singkat mobil  akan terlihat bersih, tetapi bila hal itu sering dilakukan maka dalam waktu jangka panjangnya cat mobil anda akan luntur dan tidak memperlihatkan kilap aslinya.  Bila anda ingin mencuci mobil berikut beberapa cara agar anda dapat mencuci mobil dengan benar dan efektif:

  • Bila anda ingin mencuci mobil pada saat siang jangan mencuci mobil di bawah terik Matahari karena air yang berada dipermukaan mobil anda akan cepat kering dan mengakibatkan timbulnya bercak dan jamur, cucilah mobil anda di tempat yang teduh.
  • Jangan mencuci mobil di waktu malam hari, karena anda tidak dapat melihat kotoran yang melekat di mobil anda dan mencuci mobil di malam hari akan membuat air yang melekat di permukaan cat mobil akan sulit untuk dikeringkan.
  • Pilihlah merk sampo mobil yang sudah terkenal karena kualitasnya sudah tidak lagi diragukan, karena ada beberapa merk sampo mobil yang bila kita pakai secara terus menerus dapat mengakibatkan cat mobil akan pudar.
  • Mulailah mencuci dari bagian teratas dahulu agar busa bagian mobil yang sudah bersih tidak lagi terkena sampo mobil.
  • Cucilah mobil perbagian agar anda dapat menghemat waktu (misalnya, bagian kiri dulu, cuci dan bilas hingga bersih baru pindah kesebelah kanan).
  • Jangan biarkan sampo mengering di mobil anda karena dapat merusak cat mobil anda. Usahakan setelah dibasahi oleh sampo mobil, permukaan yang terkena sampo mobil tersebut langsung dibilas oleh air bersih.
  • Setelah semua permukaan mobil bersih mulailah mencuci bagian ban velg, usahakan mencuci ban dan velg yang terakhir karena ban dan velg merupakan tempat yang paling banyak kotorannya.
  • Setelah semua bagian mobil anda bersih mulailah untuk mengeringkannya dengan lap khusus .
  • Setelah kering dan bersih keluarkan karpet mobil anda dan cuci dengan sampo bekas mencuci mobil dan setelah anda cuci jemurlah hingga kering. Tetapi bila sampo bekas cuci mobil anda sudah terlalu kotor, silakan tukar dengan yang baru. Kebanyakan sekarang karpet mobil sudah mengadopsi bahan bulu, kami sarankan saat mengeringkan karpet berbahan ini. Karpet ini dijemur sampai kering, agar tidak menimbulkan lembab pada interior mobil…

Sumber foto:google.com

About these ads

6 Comments

Filed under mobil

6 responses to “Cara Mencuci Mobil yang Efektif

  1. hardi

    apakah mesin perlu dicuci dengan shampoo

  2. oh bagian atas dulu ya? saya baru tau. terimakasih infonya, tapi kalau berlumpur malah bikkin mobil kebaret2. kesel saya

  3. Amelia

    betul sekali tuh….. tapi enakan nyuci mobil malam hari…. karena airnya nggak cepet kering…

  4. wah malam hari ga keliatan bang

  5. Roy

    Berguna banget nih panduan mencuci mobilnya.

  6. Suyono onde

    kalo nyuci mending pagi coz proses pengeringan agak cepat gak sampe ada air yang tertimbun hingga gak sampe berakibat kroposnya metal. kalo malam gimana hayo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s