Memelihara Kopling Agar Tetap Awet

matic.jpgmanual.jpgkopling yang dalam bahasa inggrisnya clutch merupakan suatu keharusan bagi sebuah mobil agar mobil tersebut dapat berjalan sebagai dengan mesti, selain itu kopling juga berfungsi sebagai pengantara untuk menyalurkan tenaga setelah melakukan pergantian gigi. Tetapi bila kondisi kopling sudah rusak atau tidak berfungsi sebagai mesti, tidak sedikit dana yang harus anda keluarkan untuk membeli seperangkat kopling  yang baru. Untuk itu ada beberapa cara agar kopling mobil anda tetap awet setelah bertahun-tahun:

  • Bila sedang melakukan perpindahan gigi sebisa mungkin untuk menginjak pedal kopling sampai mentok.
  • Pada saat sedang melakukan perpindahan gigi usahakan untuk menginjak dan melepas kopling tidak terlalu lama.
  • Pada saat anda harus berhenti dijalanan menanjak karena macet usahakan untuk tidak menggantung kopling(menginjak pedal kopling setengah-setengah), pindahkan tuas transmisi ke N(netral) lalu injak pedal rem.
  • Pada saat anda terjebak kemacetan sehingga anda harus berhenti sebisa mungkin pemindahkan tuas transmisi ke Netral agar kopling tidak terbakar.
  • Untuk mobil yang bertransmisi otomatis caranya tidak berbeda jauh dengan transmisi manual yaitu bila berhenti baik dijalan menanjak atau sedang macet usahakan untuk memindahkan tuas ke “N”

sumber foto:

  1. wikipedia.org
  2. ktb.co.id
About these ads

5 Comments

Filed under mobil

5 responses to “Memelihara Kopling Agar Tetap Awet

  1. RIFQI DWI ARIESANTO

    apakah yg dimaksud setengah kopling itu?menginjak kopling lalu melepaskan secara setengah-setengah atau dan apakah bisa ketika berhenti ditanjakan dgn kopling setengah?

  2. RIFQI DWI ARIESANTO

    apakah yang dimaksud setengah kopling?meginjak kopling full ketika berhenti ditanjakan lalu berjalan perlahan dgn lopling stengah dan apakah bisa berhenti ditanjakan dengan kopling setengah?maaf masih awam.

    • Nah sama seperti yang terakhir itu…. Kaya waktu berhenti di tanjakan lalu lepas kopling setengah dengan injakkan gas setengah juga. Jadi seperti mobil menggantung…… :D

  3. Andria

    Masalah apa saja yang bisa terjadi pd kopling?

  4. eda

    bagaimana menyesuaikan kopling dan gas d tempat macet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s