SOHC dan DOHC Pada Mesin Mobil

Semakin berkembangannya zaman maka makin banyak teknologi pada mesin yang teraplikasikan baik untuk kecepatan atau konsumsi BBM. Sama seperti tulisan yang akan dibahas kali ini, yaitu SOHC dan DOHC.

SOHC adalah singkatan dari Single Over Heat Camshaft. Teknologi ini merupakan suatu teknologi dimana suatu mesin memiliki pengatur buka tutup katup hanya satu/single. Sistem seperti ini membuat mobil memiliki tenaga dan torsi terbesar sejak putaran mesin awal hingga putaran mesin tengah, hal ini membuat konsumsi BBM semakin irit. Perangkat ini biasa diaplikasikan pada mobil-mobil yang memang diciptakan untuk membelah kemacetan kota. Contoh mobil yang menerapkan sistem semacam ini yaitu Suzuki karimun estilo.

DOHC merupakan singkatan dari Double Over Heat Camshaft. Sistem seperti ini memiliki double pengatur buka tutup katup. Sistem ini membuat tenaga dan torsi terletak pada putaran mesin tengah sampai atas, biasanya perangkat ini diaplikasikan pada mesin mobil balap, tetapi kelemahan dari perangkat ini yaitu konsumsi BBM yang boros mengingat torsi puncak berada pada rpm atas.

Memang ada banyak faktor yang memperngaruhi jumlah konsumsi BBM. Tetapi kalau dilihat dari besar tenaga yang keluar dari rpm tertentu maka hal tersebut juga dapat mempengaruhi konsumsi BBM.

About these ads

34 Comments

Filed under mobil

34 responses to “SOHC dan DOHC Pada Mesin Mobil

  1. aris

    salam kenal..

    dalam meningkatkan tenaga mesin dan penghematan konsumsi/pemakaian bbm, tidak sepenuhnya tergantung dari jenis sohc atau dohc. Faktor penemudi dan cara mengemudi kendaraan jg sangat berpengaruh jg dalm pemakaian bbm. Karena tiap mesi mempunyai daya/torsi kerja minimum dan maksimum. rata-rata mesin, pemakaian yang idel adalah pada rpm 2500-3000

    trimakasih, salam hormat

  2. Cuma mau membenarkan…
    DOHC = Double Over Head Camshaft
    SOHC = Single Over Head Camshaft
    SOHC bisa juga disebut OHC.

    Thanks.
    Ardhie Kurniawan

    • ARI

      kenapa ya kok mesin sohc getaranya tinggi

      • dodang

        SOHC = single
        DOHC = doble
        ibarat pekerjaaan yang dipikul sendiri dengan yang dipikul berdua pada beban yang sama tentu akan ringan kalo dipikul berdua. sebab itu karena penggerak pada camshaft untuk masing-masing rocker arm untuk intake dan ekhause maka cenderung lebih ringan. hal ini lah yang membedakan kenapa yang single cenderrung berat , pengaruhnya pada getaran itu. tanks

  3. kingRazer

    nice Posting
    aq jadi tw perbedaan mesin balap dan biasa

  4. Saya punya mobil Mitsubishi Gallant V6 – 2000 cc th 97 – DOHC…betul saya rasakan lari di jln tol cipularang bisa mencapai 180 km/jam..masih bisa dinaikan kecepatan asal berani..memang mobil yg satu ini untuk balap tenaganyapun ok..dibandingkan dengan mobol yg sekelas.

    Persoalan konsumsi BBM memang betul boros namun ada kiat-kiat supaya tidak boros seperti jangan injak gas tiba-tiba dan langsung di geber..ini yg menjadikan boros BBM,..namun jika pengaturan injak pedal gas yg teratur..tentu konsumsi BBM bisa irit..itu yang saya alamai…

    trims

  5. teddy kunandar

    wah, ini yang saya butuhkan, walaupun saya seorang mekanik, ini sangat membantu dalam meningkatkan pengetahuan, dan keahlian….

  6. teddy kunandar

    Bos…….. saya ada pertanyaan nih, mobil dengan kapasitan 2000cc dengan sistim carburator! saya rubah carburatornya dengan capasitas 1500cc dengan perubahan di set spuyer primer dan sekundernya, gimana menurut anda?????

  7. intan

    http://wWw…lg menelaahmesin krn bru masuk hehehe
    salam kenal n thanks 4 d info…maksudnya torsi puncak tuh apa y?may u xplain?thanx

    • nubi

      disini dijelaskan adanya torsi puncak,yakni memang torsi adalah kecepatan putar yang ada pada poros engkol untuk memutarkan mesin.dimana poros engkol berputar dengan maksimal maka konsumsi BBM akan semakin besar,itu pada sistem DOHC,,,,dapat kita bayangkan klo kita menberi makan satu orang sama dua orang,lebih ngirit mana uang kita keluarkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut??

  8. risky

    coba lbh detail lagi

  9. Tjo

    Sri nih ikt nimbrung, sklian ikut bljr..
    Yg syg tw torsi tu adalah kcpatan ptran, yg mmliki stuan RPM..
    Jd yg dmksd TORSI max, adlah kcptn ptaran yg pling tinggi pda msin, bgtu jg sblik’y,.
    Thanx..
    Betulin ea klo ad yg slah..
    Hehe

    • Maap BOSS, ini sih yang saya tau dari tempat kuliah saya di POLMAN ASTRA. Torsi itu kaya tenaga yang digunakan saat mobil mau melewati jalan menanjak atau klo di balapan untuk mobil yang saat melewati tingkungan panjang n cepat……….. :D

  10. joe

    numpang jual vantren th 96…plat bekasi kondisi ya lumayan warna biru metalik 21 jt aja yaa
    bangi yang minat email ke tarrjo076@hotmail.com

  11. tamam

    mobil anda bermasalah , bawa aja ke ABADI MOTOR TUBAN di jl. gresik KM 3.

  12. Eric Tri Pamungkas

    assalamualaikum, boz saya ada 1 pertnyaan neh .

    enakan mana sih DOHC ama SOHC ?? soalnya yg ku ktahui, sih enakan DOHC .. daya geber semakin manteb , dan buat para selera pembalap jg oke .. tp klo SOHC g se kuat tenaga DOHC ..
    kok bisa ya boz ..
    Thax ..

  13. ARI

    boss mau nanya kenapa stasioner kok sering berubah sendiri kadang kaya pincang kadang normal sendiri

  14. yadi sujadi

    Mau tanya boss…kijang ane grand 96, kalau di stater kadang2 susah, padahal aki baru..thanks

    • dodang

      klo teriminal baterei(30) dan terminal 50(field) ngak ada masalah. coba overhoul starter mungkin sepatunya sudah terlalu pendek. sehingga kemagnetannya kurang. jangan lupa terminal baterei dan kabelnya periksa dengan baik. tanks
      Balas

  15. dodang

    klo teriminal baterei(30) dan terminal 50(field) ngak ada masalah. coba overhoul starter mungkin sepatunya sudah terlalu pendek. sehingga kemagnetannya kurang. jangan lupa terminal baterei dan kabelnya periksa dengan baik. tanks

  16. Article bagus!, Sebanding lah dengan yang kita dapat bos antara peningkatan akselerasi pada dohc dengan sedikit lebih boros.

  17. Pingback: Si Ayam Jago, Suzuki Satria FU-150.. « Yunizar Noor Milanta Blog's

  18. salam kenal, corolla KE 20 th ’73 pake sistem SOHC, gimana ya cara optimal kan putaran bawah nya?? mungkin ada tips??
    putaran tengah tuh asumsi RPM brp atau brp km/h??

  19. Riza

    Bagi yang punya gambar atau simulasi kinerja SOHC & DOHC, mohon di-share, agar lebih jelas…
    Thanks…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s