Cara Mencuci Radiator

Lihat Radiatornya kalau berkarat berarti mesinnya tidak terawat. Itulah sebuah kalimat yang dilontarkan seorang calon pembeli mobil saya saat saya ingin menjual Honda CR-V saya. Mungkin kalimat tersebut ada benarnya juga karena banyak diantara kita saat mesin mengalami over heat atau panasnya suhu mesin saat kekurangan coolant radiator lalu tanpa rasa bersalah langsung saja menuangkan air ledeng ke bagian radiator. Sebenarnya tindakan seperti itu sangatlah salah karena seharusnya radiator diisi oleh air khusus radiator atau biasa disebut coolant paling tidak diisi oleh cairan aquadest yaitu cairan dari beberapa kali penyulingan sehingga air tersebut merupakan air murni tanpa zat tertentu. Coolant sendiri merupakan cairan yang dibuat khusus untuk radiator yang memiliki fungsi mendinginkan mesin jauh lebih baik dibanding air ledeng biasa dan dapat memelihara bagian radiator agar tidak berkarat.

Untuk itu bila air radiator anda berkarat karena menambah air radiator dengan air ledeng biasa, kami sarankan untuk mengkuras isi radiator, mencuci, dan mengisi ulang dengan cairan coolant agar umur mesin mobil anda jauh lebih panjang. Berikut cara agar dapat mengkuras radiator:

  1. Buka kran pembuangan isi radiator yang biasa terletak di bagian bawah radiator tersebut.
  2. Setelah di putar dan isi radiator keluar semua, tutup kembali kran tersebut.
  3. Setelah ditutup isi dengan air ledeng dahulu. Hal ini dilakukan semata-mata hanya untuk membersihkan bagian radiator dari karat.
  4. Setelah penuh diisi air ledeng, nyalakan mesin sekitar 2-4menit lalu matikan mesin dan buang air ledeng tersebut seperti cara pertama.
  5. Lakukan cara no 3 dan 4 antara 2-3kali agar seluruh kotoran dan karat terbuang semua.
  6. Setelah radiator bersih dari karat, tutup rapat kran pembuangan lalu isi dengan coolant yang dapat anda beli dari toko spare part atau toko aksesoris. Jangan lupa cuci dan isi juga tabung cadangan air radiator dengan coolant yang anda beli.
  7. Periksa juga tutup radiator bila sudah berkarat dan per katup yang berguna mengubah uap air yang mendidih menjadi zat cair kembali sudah tidak berfungsi, jangan takut untuk membeli yang baru karena harganya hanya berkisar 30 ribuan.
  8. Periksa terus posisi radiator bila berkurang tambahkan dengan coolant jangan ditambah dengan air ledeng lagi.

 Selamat Mencoba… 

About these ads

Leave a comment

Filed under mobil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s