Ban Tubeless vs Tube Type

Banyak para bikers yang mengganti ban tube typenya dengan ban tubeless. Ban Tube type sendiri memiliki arti yang artinya manggunakan ban dalam sedangkan ban tubeless adalah ban yang sudah tidak menggunakan ban dalam lagi. Memang diantara kedua jenis ban ini memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Mari kita bahas satu persatu, kita bahas dulu ban tubeless ya. 

Ban tubeless pertama digunakan untuk ban mobil, namun karena perkembangan zaman akhirnya para produsen ban menciptakan ban tubeless untuk motor. Keunggulan pertama dari tubeless untuk motor diantaranya bila ban terkena paku, ban tidak akan langsung kempis tetapi angin akan keluar secara perlahan walaupun pada akhirnya akan tetap kempis juga. Kedua ban tubeless bisa diisi sama angin Nitrogen, angin Nitrogen sangat bergua untuk mendinginkan ban(sifatnya dingin). Ketiga tanpa menggunakan ban dalam, jadi anda tidak perlu membawa ban dalam cadangan dan bisa menghemat biaya untuk membeli ban dalam. Tetapi bagai tak ada gading yang tak retak, ban tubeless juga memiliki kekurangan diantaranya harga ban tubeless yang cukup mahal, harus menggunakan velg yang dapat menerima kehadiran ban tubeless, dan biaya tambal bila bocor lebih mahal dari tube type.

Ban tube type adalah ban yang memiliki ban dalam. Jenis ban ini terdapat hampir disemua jenis motor. Keunggulan dari jenis ban ini antara lain. Harga ban lebih murah ketimbang ban tubeless, biaya tambal lebih murah ketimbang ban tubeless, dan bisa memakai velg jenis apa saja asalkan masih velg motor. Tetapi kelemahan dari jenis ban ini antara lain, bila tertancap paku ban akan langsung pecah, tidak dapat menggunakan gas Nitrogen, bila dalam sobek harus beli baru.

 

About these ads

40 Comments

Filed under Motor

40 responses to “Ban Tubeless vs Tube Type

  1. lamida

    Pengen nyobain ban tubeless buat motor nih.
    Nice post.

  2. yos

    tubeless jauh lebih ok. gw nabung beli tubeless, uda gitu ampe skr g isi angin uda 6 bln masih oke aja. malem mingguan ato perjalanan jauh pun ga pernah kenapa-napa. bikin hidup nyaman. ganti tubeless belakang aja cukup karena blakang yang nahan beban berat

  3. freedownloadku

    Ban tubeless tidak bagus untuk jalan yang rusak..wong motocross aj pake ban tube biasa ko..kecuali mau kaya rossi yang di jalan halus baru pake ban tueless.
    bener kaga..

  4. cah enom

    Eh,btw,harga ban tubelles tu berapa aja yak?? (-’_’-)

    • Salam otomotif,

      Saya beli ban tubeless FDR MP76 itu harganya 320rb (belakang) terus yg depan saya pake IRC NR60 itu harganya 200rb. Jadi harga ban tubeless itu bervariasi tergantung kualitas dan brand imagenya… hhehehehe…

  5. Pingback: Ban Tubeless Pada Sepeda Motor | luckywinarno.com

  6. Yudi Saksono

    Akan coba nih, SW NR aku!

  7. dutabatikkauman

    Yep penasaran pengen coba tubeless, kalo untuk touring ga bahaya n ga plu menuntun motor hingga bkilo2meter..

  8. cryptonlover

    tubeless juga ada yang lumayan murah koq:
    kalo gak salah merknya Duro/Yoko, bisa dibeli dengan harga 150 ribuan (harga sekarang).
    beda dikit dengan tube tyre kan?

    Aq udah pake dari taun 2005 (secara emang udah niat banget pake itu ban, jadi pelek standarnya Aq ganti pelek resing juga biar klop) sampe sekarang belum minta diganti, soale alur kembangnya masih lumayan dalem.
    Aq pake bwt depan&belakang.

    yah namanya produk pasti ada kelebihan/kekurangannya.
    dari sisi kenyamanan emang agak berkurang, lebih keras.
    kalo dipake di jalanan cukup ancur(berbatu), berasa keras banget bannya, kayak naik motor pake roda kereta kuda.
    tapi kalo di jalanan halus/rata, berasa enaknya…
    kalo ban udah mulai berasa kempes, masih sanggup dibawa sampai ke tukang isi angin terdekat, soale Ban tubless tu masih sanggup nahan beban pelek biar gak bersentuhan dengan aspal.

    ayo kita bikin yang nyebar ranjau paku jadi jedot2in jidat gara2 ranjaunya gak mempan…he.3
    masa iya, motor keren masih pake ban dalem?
    promo dikit ah…he.3

    biasanya kalo di tempat tambal ban, gak mau nambal tube tyre (dikerjain)…
    mereka nyuruhnya ganti ban dalem (Rp.35rb-an), alasannya Ban dalem Kita udah banyak lobangnya, jadi gak bisa dipake lagi.

    pengalaman Alm Bapak Qu 1 bulan kemaren, Bannya bocor (tube tyre lho), lantas kata tukang tambal, bannya udah gak bisa dipake lagi, trus nawarin ban dalem seharga 50rb,
    baru dipake 3 hari, kempes sendiri…
    setelah diselidiki, ternyata ban dalem yang dijual itu ban udah expired.
    ketipu abis2an kan tuh…

    kalo gak salah, ban tubeless bisa dipake bwt pelek jari2 juga koq, cuma butuh alat bwt nutupin celah2 antara jari2 dengan pelek.
    namanya Aq lupa…

    • Iy, mau murah ga bakal dapet apa yg kita harapkan.. Hehehe….. betul….. kita bikin yg nebar paku jedotin tembok……… Klo ban tubeless ditaro di jari” bisa” aja, tapi fungsi tubelessnya jadi ga berguna donk…… tetep musti pake ban dalem…..

      • yud

        pake lem besi buat nutup celah2 jerujinya. tapi velgnya yang memiliki bibir lebar, kayak velg Rossi. kayak yang aku pake sekarang.

  9. yang ukuran 16 ada gak tuh tubeless nya?? buat matic skywave

  10. Susah gak untuk cari tambal ban tubeless? pengen beli nih tapi takut pas nanti gak ada tukang tambal ban bisa bisa gempor gara2 sepeda motornya berat banget.

  11. Ozpeed

    bro Willy motornya diisi nitrogen semua ya dpn-blkg..?

    tiap minggu nambah angin brp kali tuw bro?

  12. andhy

    bro willy, saya pgn migrasi nie ke ban tubeless. tp kan harus ganti velg dulu yach. Bisa minta rekomendasi tempat beli velg yg ok dgn harga terjangkau? sekalian ama ban tubelessnya.
    tks bro atas sharingnya.

    • Klo tempat beli sih, saya kurang tau (secara, saya beli JupieZ saya uda dapet velg racing… :D)

      Tapi biasanya banyak dijual di kebon jeruk 3 atau toko aksesoris laen, tergantung modelnya aja. Hargapun begitu, liat model baru bisa liat harga…. Tapi saran saya klo nawar, jgn sedikit” ya. Langsung banyak aja, jadi nanti bakal dapet yang lebih murah….. :D

      Nah, klo ban tubeless waktu itu saya beli di Kebon jeruk III. Waktu itu harga FDR yang MP76 sekitar 290rb dan IRC yang NR80 itu harganya 200rb…. :D

  13. thanks bos sharingnya, jd pngen ganti jg…

  14. hmmm,,,,baru tahu nih soal ban.
    salam krnal ya

  15. alex

    tambahan

    pake ban tubeless lebih stabil daripada tube type, tapi asklerasi jadi kurang nancep.

    kmaren ninja gw ganti tubeless, kips aktif tapi rasanya kurang nampol
    waktu masih pake tube type, gw pernah adu ama ninja adek gw yg tubeless, hasilnya tube type lebih unggul (trek lurus)

    tubeless
    + stabil
    - asklerasi kurang nampol

    • SIP….. Nice inpoh BOSS…….. :D

    • ESANT

      kalo maslah tarikan relatif broo..gue jg pake ninja rr. tinggal sesuaikan aja ama ukuran and jenis compoundnya kalo bisa dpn pake medium blkng hard..beres deh,,tarikan tetep oke…jngan lpa isi nitrogen kalo krng tambahin…
      ban tubelles tetep plng ok..ini aja gue ada rencana pakein ke mx gue cma ukurannya ga ada yang sama bt ban blkng…moga bermanfaat ya broo..

  16. jalu

    wah tubeles mmg ajiib di mata

  17. ak ru gnti ban tubeless . pi masi bgug cra nmbal a m ngsi angin a . cz gk ngerti msala mtor” gto lah . hehe . mklum lah cewe gto . haha .mntag saran a dumb . tengs .

  18. eman ban tubeles mahalnya seberapa rupiah? belum dijelasin nih

  19. budi wahyono

    saya baru ganti ban belakang ( karisma) pake tubles harganya 140 rb.

  20. wah bener tuh… ane juga pake ban tubles.. lebih tenang makenya..
    nice artikel… lanjut bang..

  21. uya frinong

    kalo nambal ban tubless di tempat tambalban lubangnya di perbesar dulu + di masukin serabut kaye gitu lahh,, nah.. menurut sepengetahuan ane, itu ga bagus bgt krn merusak serat benang ban yg fungsinya buat meredam benturan, so kalo serat benang nya rusak ban bakalan berbenjol2 gitu lah,, nah,, truss oe juga dnger ban tubless bisa di tambal pake lem super glue, yang mau eke tanyain gimana mengenai tambalban dengan lem super glue, apakah bagus/buruk/apalah?? hehe , oh iya, trus apa ada lem khusus buat nambal ban tubles yang prinsipnya sama kaya nambal pake lem super glue?

  22. Rachel

    Motor gw langsung disaranin lepas ban dalam tanpa ganti ban luar. Gmn pendapatnya gan? Apa jenis ban luar tubeless beda dgn yg biasa? Kata tukang tambalnya hanya bergantung ke felgnya..

  23. makasih infonya, gw jd tau skrng kelebihan dan kekurangannya, thanx!

  24. RAN

    ya.. semua itu tergantung si pemiliknya.. karna sudah di jelaskan kekurangan dan kelebihannya… kecuali bagi si pemilik kendaraan yg sering lewat lokasi jalan buruk lebih baik jangan pake tubeless… ^_^

  25. zaydil

    kalo buat mio soul harus ganti velg dulu,ato lgsung pasang aja…tubelesnya…thanks before

  26. kalau tubeless bocor anginnya lambat habis, berarti gak ketaunan kalau bocor.ujung-ujungnya sama dg tube, yaitu angin dah abis baru tau kalau ban bocor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s