Macam-macam Intercooler pada TurboCharge

Kepada teman-teman yang setia membaca tentang ulasan kami. Follow twitter kami @willycarcom untuk mendapat info-info tentang otomotif yang lebih banyak lagi. Banyak baca, banyak tahu, menjadi pengendara yang lebih cerdas.  ;)

Bagi kalangan penggila kecepatan, pasti sudah sangat pengerti apa itu intercooler dan fungsinya. Tetapi tidak sedikit juga para penggila kecepatan yang kurang mengetahui macam-macam intercooler secara detail. Maka dari itu, kami angkat dalam artikel ini.

Fungsi intercooler dalam Turbo adalah sebagai penurunan suhu mesin yang sangat tinggi setelah diambil dari katup buang. Ada sejumlah keuntungan yang dirasakan oleh para penggunanya.Pertama, turunnya suhu udara menyebabkan molekul udara menjadi lebih padat. Semakin padat molekul udara di dalam saluran masuk semakin besar pula tenaga yang dihasilkan mesin tersebut. Selain itu, temperatur lebih rendah juga mengurangi gejala gelitik (knocking). Sesuai kebutuhan dan perkembangannya. Intercooler didesain berbagai bentuk. Pertimbangan desainnya lebih di utamakan untuk mengoptimalkan pendinginan udara tanpa perlu banyak mengurangi tekanan turbo (Turbo Pressure)

Tipe Intercooler

Secara umum, intercooler dibedakan menjadi 3 jenis. Intercooler jenis udara ke udara, udara ke air, dan one shot.

Udara ke udara adalah jenis intercooler yang paling banyak digunakan dalam mobil-mobil saat ini. Yang perlu diperhatikan dalam interccoler jenis ini adalah lekukan dan perubahan ukuran harus sesedikit mungkin. Selain itu, sambungan dan selang karet harus yang berkualitas baik agar mampu menahan tekanan Turbo. Tempat pemasangan Turbo juga perlu diperhatikan, harus ditempatkan di tempat yang sebanyak mungkin mendapat hembusan angin segar saat mobil bergerak.

Intercooler udara ke air awalnya digunakan untuk kapal-kapal laut. pada jenis ini air bersirkulasi untuk untuk mendinginkan udara, pada dasarnya prinsip kerjanya sama seperti air radiator. Komponen terpenting dalam intercooler jenis ini adalah pompa airnya. Untuk itu biasanya pompa air disambungkan dengan accu 12 volt yang dipasang seri ataupun paralel.

Intercooler One Shot memiliki kemampuan pendingin udara yang sangat tinggi dan cukup mendinginkan Turbo dan udaranya dalam waktu singkat. Jenis Intercooler seperti ini tidak cocok untuk kendaraan sehari-hari, melainkan untuk kendaraan Drag Race. Biasanya bahan yang digunakan untuk Intercooler One Shot menggunakan N2 ataupun ES

About these ads

12 Comments

Filed under Did You Know???, mobil

12 responses to “Macam-macam Intercooler pada TurboCharge

  1. Kino91

    terima kasih mas untuk ulasannya sangat bermanfaat bagi saya yang awam sekali soal mesin. Sekali lagi terima kasih banyak, namun jika boleh mohon dibahas lebih lanjut perihal pembahasan intercooler : One Shot…[maklum mas saya ada minat untuk pasang, namun untuk pemakaian sehari2]

    Terima kasih mas

  2. ievy

    thnx.. dpt gk siap assgmnt..

    jenis2 aftercooler plak pe yerk?? :)

  3. Ardian

    Saya seorang mekanik alat berat & saat ini saya selalu mengerjakan mesin diesel yg menggunakan aftercooler.
    Pertanyaan saya, perbedaan intercooler dgn aftercooler itu apa ya,? Karna setau saya sistem kerja & fungsinya sama apakah ada perbedaan lain?
    Thx

  4. Aan apriyanto

    aftercooler itu adalah nama pendinginan udara setelah di kompresikan turbo,dan intercooler itu adalah jenis dari aftercooler itu sendiri.

    • Kalau aftercooler menggunakan media air ( water ) untuk pendinginnya, kalau intercooler menggunakan media udara. Jadi memang ada unit yg pakai after, dan ada yg pake inter.

  5. Trima kasih ya atas artikelnya

  6. retno k

    mas tanya harganya berapa ? kalo dipasang untuk mobil harian bagaimana ? tambah boros apa tidak?

  7. ilham

    Knapa One shot tidak cocok untuk harian mas bro??

  8. mas gambar dan prosesnya bisa diperjelas ga?makasih

  9. Apakah ada detail gambar dari One Shot ?? terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s