Korter Mesin…..

Kepada teman-teman yang setia membaca tentang ulasan kami. Follow twitter kami @willycarcom untuk mendapat info-info tentang otomotif yang lebih banyak lagi. Banyak baca, banyak tahu, menjadi pengendara yang lebih cerdas.  ;)

Korter adalah peranti untuk membulatkan dan membesarkan blok silinder. Biasanya para bikers melakukan prosesi ini untuk meningkatkan tenaga dari kuda besi miliknya.

Cara untuk mengkorter blok silinder adalah sebagai berikut:

Pasang mesin pada blok silinder dengan menggunakan klem pengikat. Pisau pemotongnya dipasang pada poros yang dapat digerakkan naik-turun di dalam silinder.

Poros ini memiliki 3 buah cakra poros, tempat pisau ada ditengah-tengah silinder yang akan dibor dan dapat disetel keluar masuk pada porosnya terhadap silinder.

Ukur panjang pemegang dan pisau dengan mikrometer khusus, yang merupakan kelengkapan mesin untuk menentukan besarnya diameter yang kaan dibor. Cakra tersebut dapat disetel keluar masuk pada porosnya terhadap silinder.

Pemboran yang tebal harus dilakukan berulang kali. Ukuran diameter silinder yang akan dibor adalah atas dasar ukuran diameter torak yang akan dipakai dan dikurangi lebih kurang 0.002 inchi untuk menghaluskan.

Cakra dipasang sesuai dengna ukuran silinder sehingga poros pemotong terletak ditengah-tengah lubang silinder. Periksa lubang mesin bor, setelah itu keraskan pengikat bor pada blok motor, kendorkan cakramnya dan poros pemegang pisau ditarik keatas.

Hidupkan mesin, pisau diturunkan sehingga memotong sedikit, kemudian pisau ditarik keatas dan matikan meisn untuk melihat keadaan pemotongan dengna ukuran silinder. Setelah di periksa menurut ketentuan, maka dapat diteruskan pemboran dan dengan sebuah pengatur otomatik, pisau akan memotong sendiri.

Setelah selesai pengeboran pertama, untuk berikutnya sisakan ukuran 0.0015 inchi ukuran sebenarnya guna memperhalus pekerjaan…

About these ads

6 Comments

Filed under Did You Know???, Motor

6 responses to “Korter Mesin…..

  1. tofik hidayat

    saya lagi cari mesin korter untuk 6 lobang tolong dikasih tahu hargannya

  2. yosi

    motor saya habis dikorter, tapi suara mesinnya jadi lebih berisik dan bergetar.Sebenarnya apa dampak mesin setelah dikorter, baik negatif maupun positif.

    • btw motor apa broth ? setau ane klo mesin udah dikorter alias dibubut/dioversize maka kerugian :
      1. hasil korteran belum tentu presisi akibatnya yaitu tadi berisik. panas bergetar,dll
      2. biaya otomatis pan buat ongkosnya. part dll
      3. ga bertahan lama mesin motor ente (pengalaman masalalu) :cry:

      keuntungan :
      1. cc naek dikit jadi lebih powerfull
      2. ngebul bisa ilang (tapi sementara) kyknya.. :lol:

      kesimpulan : mesin yg udah dikorter / dioversize ga akan bertahan lama n banyak gangguannya.. mending ente jual rugi aja sekalian daripada ngerongrong dimasa depan :lol:

  3. wawh.. benar2 merusak mesin..

  4. Tergantung yang babubut skarang yg penting tau carax gmn bubut yg bener ,pasti mesin yg dioversize lama dpakai biSaa smpai 5 thn bahkan lebih..intinya jgn takut motorx dioversize,cari bengkel yg bisa dipercaya……spt saya xixixixixixixixi, ini gak promosi lho !!!!!!!!

  5. Perlengkapan mesin korter apa aja ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s