Filosofi Mobil, Penemu Mobil Siapa Ya???

Bila yang dimaksud mobil seperti sekarang ini, cukup sulit untuk menentukan siapa penemunya. Mobil sebenarnya terdiri dari ribuan komponen yang ditemukan dan dikembangkan secara bertahap. Meski demikian, bisa disebutkan bahwa Nicolaus J. Cugnot adalah orang pertama kali yang berhasil menluncurkan kendaraan berbadan besar, beroda tiga, dan bermesin uap. Kendaraan ini digunakan untuk menarik meriam pada tahun 1769.

Gambar ini adalah gambar dimana, kendaraan hasil ciptaan Nicolaus J. Cugnot sedang menabrak tembok. Dan kecelakaan ini tercatat sebagai kecelakaan mobil pertama di dunia

Setelah itu insinyur lain yang membuat kendaraan sejenis adalah William Murdock yang bekerja sama dengna James watt dari Inggris. mereka berhasil mengembangkan dan meluncurkan mesin bermesin uap pada 1784. Section of Murdock’s Model

Richard Trevitchick juga berhasil membuat dan meluncurkan kendaraan bermesin uap. Pada 1830, kendaraan beroda enam ciptaan Sir Goldswarthy Gurnay mampu meluncur dengan kecepatan 25km/h. Hingga awal abad 20, berbagai kendaraan bermesin uap terus diciptakan meskipun mesin uap berbahaya karena sering kali meledak.

Sejak pertengahan abad ke-19, perancangan mobil berkembang secara pesat. pada tahun 1860, Jean Joseph E. Lenoir, dari Perancis, berhasil menciptakan mesin pembakaran dalam berbahan bakar campuran batu bara dan gas serta campuran udara atmosfer. Mesin ini bekerja tanpa kompresi, dimana campuran bahan bakar dan udara dimasukkan ke dalam silinder pada saat torak berada diseparuh langkah, kemudian dinyalakan dengan suatu pematik api (busi), sehingga tekanan gas dalam silinder naik mendorong torak sampai akhir langkahnya dan membuang gas hasil pembakaran keluar. Efisiensi mesin ini hanya 5% tetapi mampu menghasilkan daya sampai 6DK.

Kemudian pada 1885, Gottlieb Daimler dan Karl Benz berhasil menciptakan mobil bermesin pembakaran dalam. Meskipun tanpa kopling untuk memindahkan tenaga dari mesin ke roda sehingga menyulitkan saat berangkat, kendaraan ini merupakan model dasar bagi pengembang mobil-mobil berikutnya.  Mesin pembakaran dalam segera di sukai karena tidak memiliki kemungkinan meledak, tidak memercikkan api di luar, tidak berasap tebal, dan tidak sebising mesin uap.

437191_715432_3700_2808_13967_cl0414-448x339 The history behind the Mercedes-Benz brand and the three-pointed starMercedes Benz Earliest Petrol Engine Vehicle

Gottlieb Daimler(kiri) dan karl Benz

Pada saat yang sama berkembang berbagai penemuan baru yang memperbaiki kinerja mesin lama. Pada tahun 1886, Nicolaus A. Otto dan Eagen Langen berhasil mengembangkan suatu mesin berbahan bakar bertekanan atmosfer dimasukkan kedalam silinder, dinyalakan dengan busi terjadi gas pembakaran yang bertekanan tinggi dan mampu mendorong torak untuk melakukan langkah ekspansi sampai membuang gas pembakaran tersebut. Efisiensi yang didapat oleh mesin ini adalah 11%. Mesin ciptaan Otto ini disebut mesin pembarkaran dalam 4 langkah dan dipatenkan pada 1876

patent for gas motor engine - Nicolaus Otto

Pada 1890 Charles E dan Frank Duryea dari AS berhasil menciptakan mobil bermesin bensin pertama. Pada 1898 Louis Renault menemukan batang penggerak sebagai ganti rantai yang selama ini dipakai untuk memindahkan tenaga mesin ke roda. Tiga tahun sebelumnya, Renault juga menciptakan mesin berpendingin air. Pada 1911, Cadillac Automobile Co., berhasil menciptakan starter listrik, pengapian listrik dengan kumparan dan aki sebagai ganti starter engkol. Pada tahun 1922, ban karet berisi udara sebagai pengganti ban mati atau ban engkel diperkenalkan pertama kali.

Barang otomotif apa ya, yang sudah diciptakan oleh warga Indonesia???? Hehhel……

About these ads

10 Comments

Filed under Did You Know???, Tokoh Otomotif

10 responses to “Filosofi Mobil, Penemu Mobil Siapa Ya???

  1. Don Joger

    teriuz kapan si Otto membuat siklus ideal udara ztandar?

  2. cryptolovers

    bro, kalo gak salah Richard Trevitchick itu pencipta kereta api uap pertama deh…
    kalo gak salah lhoo…

    dan mungkin pencipta modil pertama (minus mesin uap lho) itu adalah Leonardo Da Vinci, walaupun hanya berupa konsep gambar di atas kertas tapi prinsip2 kerjanya hampir masuk akal.
    dia bikin rancangan mobil beruda tiga , berpenggerak per (mirip kayak prinsip jam tanpa baterai), trus buat berhentinya pake kayak semacem rem yang disankutin ke roda depan.
    itu kalo gak salah, soalnya udah lumayan lama…he.3

    • Klo yg Richard Trevitchick, mungkin kali ya… Soalnya aku ga terlalu mendalami dunia perkeretaan sih…. Hehehe…

      Klo yg Leonardo Da Vinci, memang benar. Tp yang saya maksud itu yg benar” uda jadi mobilnya….. Hehehe…..

  3. SKY

    kalo getek siapa yg cipta-in bos…?
    hehehe…

  4. dafilalfadillah

    orang indonesia memang tidak bisa membuat,tetapi
    jangan heran bangsa ini sangat jago merenovasi dan
    memperbaiki,trimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s