Bahaya Disc Cakram Besar Bagi Motor

Tidak sedikit para bikers yang membongkar perangkat rem cakram bawaan pabriknya dengan diameter yang lebih besar lagi. Banyak alasan yang membuat para bikers merubah diameter cakram motor mereka seperti ingin berubah penampilan motornya menjadi lebih baik atau merasa kemampuan cakram standardnya tidak terlalu mumpuni. Sebenarnya bila anda ingin mengganti diameter cakram anda ada beberapa parts yang perlu anda upgrade seperti rajawali yang harus anda ganti dan masih ada beberapa parts juga yang harus anda ganti. Memang dengan mengganti diameter cakram menjadi yang lebih besar penampilan motor anda semakin enak di lihat tetapi tahukah anda dengan mengganti daimeter cakram menjadi yang lebih besar maka reaksi saat anda menekan tuas rem akan semakin cepat dan hasilnya ban sangat mudah untuk langsung berhenti. Memang untuk motor-motor yang sudah di modif mesin-nya penggantian ini sangat membantu saat sedang ngebut, tetapi untuk motor standard keadaan ini sangat membahayakan karena bila anda tidak terbiasa maka ban motor anda akan mudah sekali mengunci dan motor tergelincir akhirnya anda bisa saja jatuh dan terseret. Jadi kami sarankan untuk tetap menggunakan cakram asli pabrik bila motor anda masih bermesin standard.

Advertisements

8 thoughts on “Bahaya Disc Cakram Besar Bagi Motor

  1. cryptolover says:

    tadi niatnya pengen ganti knalpot racing, tapi begitu ada penjelasannya…
    akhirnya ga jadi beli…

    trus lanjut pengen beli disk lebar…
    tapiiiiii…
    gak jadi juga, setelah ada penjelasan ini…
    but, it’s ok bro…
    selama info yang diberikan bermanfaat…

  2. Indra Seta says:

    semua perlu adaptasi bro… supra saya malah discbrake nya gede semua depan blakang,,,, yang depan ganda… pararrell lagii… yang penting jangan metek metek ngeremnya.,,,, kan rem nya juga bisa di setting toh…tapi amannya standart aje…

  3. niello says:

    menurut pengalaman ane brow…klo ban depan standart mending pake cakkram standart ….klo depan pake ban agak gambot baru pake cakram lebar…ban gambot memberikan tekanan laju besar saat pengereman…jadi traksi selip lebih aman dari ban di bawah standart..jadi gak pengaruh k cakram lebar..coba pake ban lebar trus ngerem pake cakram stardart pasti membutuhkan daya pengereman tangan yg lumayan berat..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s