Cucu Kiichiro Toyoda Digantikan Oleh Akio Toyoda

Akio Toyoda adalah cucu dari pendiri pabrikan mobil terkemuka di Dunia yaitu Toyota. Sekedar flash back, Kiichiro Toyoda adalah pendiri pabrikan mobil Toyota. Pada awalnya Kiichira Toyoda membuat mesin tenun karena didesannya banyak sekali penenun yang masih menggunakan peralatan tradisional. Mesin tenun yang diciptakan oleh Kiichiro Toyoda berhasil dan banyak digunakan oleh para tetangganya, namun setelah Kiichiro pergi ke AS dan melihat perkembangan dunia otomotif yang sangat pesat. Maka Kiichiro memutuskan untuk pulang kekampung halamannya untuk menciptakan mobil pertamanya. Ciptaan mobil pertama Kiichiro Toyoda bisa dibilang sangat sederhana dan masih banyak desain yang ia contek, namun setelah beberapa tahun mobil ciptaan Kiichiro Toyoda ini sangat digandrungi oleh masyarakat Jepang. Perusahaan yang ia dirikan bernama Toyota Auto Work. Nama Toyota sebagai nama perusahaannya ia ambil karena nama Toyoda kurang begitu enak didengar. Itu saja dulu sedikit cerita tentang pendiri Toyota, untuk lebih jelas silakan lihat di https://willycar.wordpress.com/2008/05/05/toyota/

Sebelum menunjuk Akio Toyoda sebagai pemimpin tertinggi Toyota, Katsuake Watanabe lah yang menikmati jabatan itu. Katsuake Watanabe (diangkat 2005) sukses membawa Toyota sebagai perusahaan otomotif terbesar di dunia, sekaligus mewariskan krisis terbesar yang pernah di alami Toyota imbas krisis global. Toyota terancam mengalami rugi operasi pertamakalinya dalam sejarah. Penjualan tahun lalu juga turun, pertamakali dalam sepuluh tahun terakhir.Penunjukan Akio Toyoda dinilai tepat. Sebagai pemimpin yang pernah di anggap terlalu muda dan tidak berpengalaman, Toyoda dikenal memiliki style managemen yang agresif. Penunjukkan pemimpin baru dari keluarga pendiri diyakini akan mengangkat moral perusahaan yang kini dalam titik terendah.

Toyoda lulus dari Keio University tahun 1979 sebagai sarjana hukum. Tahun 1982 dia meraih MBA dari Babson College, Wellesley, Mass. USA. Dua tahun kemudian dia bergabung dengan Toyota.

Saat ini keluarga Toyota menguasai 2% saham perusahaan. Nama Toyota dipilih bukan Toyoda-karena dalam tulisan Jepang, nama Toyota bisa dibuat dengan delapan tarikan garis pena, lebih sedikit dari nama Toyoda. Angka delapan adalah symbol keberuntungan dalam kultur Jepang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s