Rumah Sakit Berjalan di IIMS2014

Suatu kebanggan bagi saya, selaku pemilik website willycar.com  mendapat kesempatan khusus saat harus diwawancara oleh salah seorang wartawan dari sebuah portal berita ternama di Indonesia yaitu detik.com

Dalam acara iims2014 ini, memang saya sedang membela bendera VW Indonesia yang di tempatkan di divisi khusus Ambulance Fleet & GSO. Maka berikut adalah artikel yang ditampilkan oleh detik.com setelah melewati masa wawancara kami.

Bagi rekan-rekan yang memiliki kebutuhan terhadap pengadaan Ambulance, dapat menghubungi contact

081315877288 / willyprasetya@hotmail.com

detik1

Jakarta – Mobil Ambulans ini terlihat beda dari yang biasa. Besar dan cukup mewah. Wajar saja karena ini adalah mobil ambulans yang sudah distandarisasi oleh Kementerian Kesehatan. Keluaran Volkswagen.

Produsen mobil premium Volkswagen memperlihatkan armada mobil komersialnya di Indonesia International Motor Show dalam bentuk VW Ambulance. Aslinya mobil ini adalah sebuah Transporter bermesin 2.000 cc diesel yang dimodifikasi sehingga bisa mengangkut pasien.

“Ini mobil ambulans sudah jadi standar di Kementerian Kesehatan. Jadi kalau ada rombongan Kemenkes biasanya kalau konvoi ada mobil ambulans, nah mobil ambulans-nya ini,” ujar Volkswagen Advisor dari PT Wangsa Indra Permana Willy Prasetya pada detikOto.

Berkat kelengkapannya, mobil ambulans ini akan menjadi mobil ambulans khusus jantung yang tersertifikasi oleh salah satu Rumah Sakit yang khusus menangani pasien jantung di Indonesia yakni RS Harapan Kita.

Seperti apa? yuk kita intip:

1. Eksterior

Layaknya mobil ambulans, mobil dilengkapi dengan lampu strobo dengan tulisan ambulance terbalik di bagian depan. Ciri-ciri khas ambulans lainnya bisa terlihat seperti logo palang merah.

Pintu sampingnya bisa digeser, meski harus dibuka secara manual tidak otomatis seperti Caravelle.

2. Interior

Bagian mobil dibagi menjadi dua, untuk pengendara dan penumpang dalam hal ini pasien.

Di bagian dalam mobil ada perlengkapan stretcher (tempat tidur yang bisa digeser), suction (untuk mengisap cairan dari mulut), alat pacu jantung, ventilator untuk membantu pernafasan, monitor pasien, dan kursi roda.

Stretcher-nya pun bisa dibawa dengan helikopter.

Yang menarik di bagian dalam mobil ini, tenaga medis bisa berdiri di dalam mobil sehingga memudahkan mereka untuk mengambil tindakan medis pada pasien yang mengalami gangguan pada jantung.

“Perlengkapannya dari Jerman semua. Sebenarnya perlengkapannya opsional, jadi kalau mau pakai yang lain bisa,” ujar Willy.

Dengan semua perlengkapan ini, petugas medis bisa melakukan operasi bedah kecil selama mobil berjalan.

detik2

3. Cocok Juga untuk Rumah Sakit Ibu dan Anak

Selain untuk pasien yang menderita penyakit jantung, mobil ambulans juga cocok dipakai untuk Rumah Sakit Ibu dan Anak. Di mobil ternyata bisa menampung inkubator bayi.

“Jadi buat RS Ibu dan Anak ini sangat recommended,” ujarnya berpromosi.

detik3

 

4. Harga

Willy menuturkan mobil Ambulans VW ini paling mahal. Harga mobilnya saja Rp 620 juta. “Kalau dengan perlengkapan medisnya bisa mencapai Rp 1,2 miliar,” ujarnya.

Spesifikasi mesin
Kapasitas 2.0 TDI
Tenaga maksimum 102 bhp pada 3.500 rpm
Torsi maksimum 250 Nm pada 1.500-2.000 Rpm
Dimensi: panjangxlebarxtinggi 5.292×1.904×1.990 mm

detik4

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s