Pemanasan Global (Global Warming)

pemanasan-global.jpg

Akhir-akhir ini seluruh para pejabat dan ilmuwan Dunia tertuju pada masalah pemanasan global atau global warming. Global warming adalah sesuatu peristiwa di mana terjadinya kenaikan suhu secara global atau mendunia yang diakibatkan oleh ulah manusia atau human error. Faktor terbesar dari dampak pemanasan global adalah karena faktor polusi yang dihasilkan dari pembakaran kendaraan bermotor. Gas-gas yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor yaitu Karbondioksida(Co2) dan Karbonmonoksida(Co). Oleh karena itu untuk menunjang kelangsungan hidup manusia para produsen kendaraan bermotor sekarang sedang berlomba-lomba untuk menciptakan kendaraan bermotor yang makin ramah

 lingkungan bahkan produsen ternama dari benua Eropa yaitu Mercedes-Benz berhasil menciptakan sebuah mobil yang sudah tidak menghasilkan gas-gas yang dapat merusak lingkungan. Sekarang ini setiap negara memiliki standard uji emisi khusus bagi setiap kendaraan bermotor, seperti Indonesia yang memiliki standard uji emisi euro2, walaupun negara-negara maju sudah memiliki standard yang jauh lebih tinggi seperti euro4 dan euro6. Pada awalnya para produsen mobil khususnya Jepang sudah menciptakan mobil yang irit BBM dan ramah lingkungan. Diciptakan pertama kali sejak tahun 1997 dan sekarang menjadi mobil yang terkenal dengan mesin Hybrid-nya yaitu produsen Toyota dengan nama mobilnya yaitu Toyota Prius. Dengan diciptakannya mobil-mobil yang ramah lingkungan para pelaku otomotif yakin bahwa pemanasan global dapat diatasi.

Agar Bumi kita dapat kita selamatkan demi anak cucu kita nantinya alangkah baiknya jika kita semua juga berperan dalam mengatasi pemanasan global ini seperti:

  • Bila kita ingin berpergian dan jaraknya tidak jauh dari tempat kita sebaiknya kita berjalan kaki atau bersepeda, tidak perlu menggunakan motor atau mobil.
  • Sebisa mungkin gunakan plastik lebih dari satu kali dengan tujuan menghemat pemakaian sumber daya alam.
  • Tidak menggunakan sterofom karena dapat melubangi ozon.
  • Jangan menimbun plastik di bawah tanah karena butuh waktu 1000 tahun agar plastik terurai.
  • Buanglah sampah pada tempatnya jangan dibakar karena hasil pembakaran tersebut menghasilkan gas Co2 dan Co.
  • bagi para petani disarankan untuk tidak membuka lahan dengan cara membakarnya.
  • Hindarilah membangun rumah dengan menggunakan banyak kaca, karena efek dari sinar matahari terhadap kaca akan menghasilkan gas Co2.

sumber foto: www.debritto.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s