Kiat-Kiat Merawat Ban Mobil?

ban-aus.jpg

Ban merupakan peranti yang paling penting pada mobil anda karena tanpa ban, mobil tersebut tidak dapat berjalan. Maka dari itu sebisa mungkin kita merawat ban mobil kita. Berikut beberapa cara agar ban mobil kita dapat awet sehingga bila melakukan perjalanan kita tidak perlu khawatir akan terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan.

  • Periksa secara periodik tekanan pada ban mobil anda bila kurang tambahkan karena bila anda menjalankan mobil anda pada kondisi ban kempis hal ini dapat membuat permukaan ban mobil anda cepat aus dan dapat membuat konsumsi BBM anda semakin boros, karena mesin membutuhkan semakin banyak tenaga untuk menggerakkan mobil dengan roda yang kurang angin dibanding mobil dengan roda yang tekanan anginnya pas. Selain itu bila kurang tekanan angin maka ban akan cepat aus di bagian pinggir ban tetapi bila tekanan ban terlalu tinggi ban tengah ban yang lebih cepat aus.
  • Bila melakukan pergantian ban jangan hanya satu unit karena hal ini membuat tinggi permukaan antara ban yang satu dengan yang lainnya  berbeda, usahakan untuk mengganti seluruhnya tapi bila hal ini membuat anda harus merogoh kocek yang terlalu dalam anda bisa mengganti 2 buah ban terlebih dahulu dan ban yang baru sebaiknya diletakkan pada bagian depan karena ban bagian depan ini berguna untuk mengendalikan mobil anda.
  • Usahakan setiap 6 bulan sekali anda menukar kedua ban bagian depan anda dengan bagian belakang begitu sebaliknya. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah keausan pada ban terlalu cepat. Tetapi pada point ini boleh anda tidak lakukan APABILA, ukuran ban depan anda dengan ban belakang tidak sama.
  • bila tebal kembang ban mobil anda sudah kurang dari 3mm disarankan untuk mengganti dengan yang baru, hal ini menjadi sangat berbahaya pada saat musim penghujan karena kemampuan ban mobil anda untuk membuang air menjadi sangat berkurang dan akibatnya mobil anda sulit untuk dikendalikan dan mobil anda memiliki potensi besar untuk terbalik terutama bila anda melewati AQUAPLANNING(genangan air).
  • Bila anda ingin mengganti ban dengan ban yang baru usahakan untuk membeli jenis ban yang dapat melewati jalan yang kering maupun basah.
  • Lakukan spooring dan balancing ban secara periodik, agar ban tetap awet.
  • Perhatikan petunjuk trade wear pada ban kendaraan biasanya umur ban hanya 3 tahun setelah itu ban akan mengering dan kemampuan ban untuk melewati berbagai medan jalan akan berkurang.

sumber foto: bac023.mutiply.com

Advertisements

One thought on “Kiat-Kiat Merawat Ban Mobil?

  1. tinton says:

    tolong dong saya di beri info tentang ban tubless. karena saya buta sama sekali tentang ban tersebut. tolong saya dibantu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s