Henry Ford

Siapa yang tidak mengetahui mobil Ford. Mobil yang dilahirkan di negeri Paman Sam ini telah menjadi mobil yang sangat di gandrungi oleh banyak penggemarnya di seluruh dunia. Mulai dari Ford Focus yang sangat gemulai saat melibas track-track pada balapan World Rally Championship (WRC) sampai Ford Everst yang mampu menaklukan berbagai medan.

Henry Ford yang dilahirkan pada tanggal 30 Juli 1863 berasal dari keluarga petani miskin. Ketiadaan biaya membuatnya tidak bisa melanjutkan pendidikan ke bangku SLTP. Setelah lulus SD ia membantu ayahnya di pertanian keluarga. Sejak kecil ia sangat menaruh perhatian yang sangat besar pada dunia permesinan. Hal ini justru membuat ayahanda Henry Ford cemas. William Ford, ayah dari Henry Ford sangat mengingkan anaknya menjadi seperti ia yaitu petani atau menjadi pedagang sukses.

Pada suatu hari, William Ford mengajak Henry ke  kota. Ketika sampai disana, Henry sangat kaget dan takjub melihat kereta yang dapat berjalan sendiri tanpa di tarik Kuda. Untuk memperdalam ilmunya tentang dunia permesinan, Henry memutuskan untuk magang Drydock Engine Work. Mendengar berita itu dari mulut anaknya sendiri, William Ford menjadi sangat marah. Tetapi kemarahannya mereda saat menlihat prestasi Henry sangat berkembang pesat. Setelah tiga tahun magang di Drydock Engine Work, Henry memutuskan untuk hidup di dunia otomotif . Setelah lulus dari Drydock Engine Work, Henry mendapat tawaran kerja dari Edison Company sebagai ahli mesin. Setelah memiliki cita-cita untuk menciptakan mobil sendiri dan menyadari bahwa Henry hanya bekerja dan tidak akan mampu memenuhi cita-citanya itu jika hanya bekerja. Henry memutuskan untuk berhenti dan membuat gudang kecil di belakang rumah kontrakannya, Henry siang malam berusaha menciptakan mobil buatannya sendiri melalui panduan majalah-majalah ilmiah pada waktu itu. pada salah satu edisi dari halaman tersebut, menyebutkan bahwa suatu hari nanti gas tidak akan dipakai untuk menarik kendaraan. Sebagai penggantinya, minyak bumilah. Setelah bertahun-tahun dan mengalami banyak kegagalan, pada tahun 1892 tiba-tiba Henry Ford keluar dari gudangnya yang kecil itu dengan menaiki sebuah mobil dengan bahan bakar minyak Bumi. Melihat prestasi yang sangat gemilang itu, Henry Ford langsung mendapat banyak tawaran pekerjaan dengan jabatan yang sangat tinggi dan gaji yang berlipat ganda. Namun, Henry menolak itu semua dengan dengan alasan jika jabatan itu diterima maka waktu dan seluruh tenaganya akan tersita habis pada perusahaan sehingga tidak punya waktu luang lagi untuk melanjutkan penelitian dan percobaan di bengkel pribadinya.

Setelah berhasil membujuk para investor, akhirnya Henry mendapat investor yang mau memodali hasil ciptaannya. Namun, antara henry dan pemilik modal tidak cocok. Henry meminta sejumlah dana untuk dia agar dapat melakukan penelitian dan menciptakan mobil baru, tetapi pemilik modal menolaknya dengan alasan menjual dahulu ciptaan pertamanya. Alhasil dalam setahun Henry Ford hanya mampu menjual lima sampai enam unit. Setelah tiga setengah tahun, Henry memutuskan untuk mengambil resiko yang sangat besar yaitu mendirikan Ford Motor Company. Dengan dana yang sangat minim dari hasil kerjanya dengan Edison Company. Ford Motor Company, Henry membuat dua buah model terbaru yang diberi nama “999”(kiri) dan model “Arrow”.

Kedua mobil ini diikut sertakan dalam musim balap tahun 1903 dan menjadi juara pertama pada tahun pertamanya. Mulai dari itu sampai 1905 penjualan Ford Motor Company mencapai 1700 unit. Setelag itu, Henry kembali menciptakan mobil terbaru yang di beri nama Ford “T”

Pabrik Ford Motor terus diperluas ke berbagai negara. Tahun 1947, ketika Henry Ford meninggal dalam usia 84 tahun, pabrik Ford Motor di seluruh dunia telah mampu memproduksi mobil Ford sebanyak 4000 unit setiap hari. Tahun 1960, Ford Motor Company merupakan perusahaan terbesar kedua di dunia…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s