Spesifikasi dan Harga Tata Nano

Tata Nano the cheapest car in the world

2010 Tata Nano Rear View

Mungkin teman-teman sudah mendengar tentang mobil termurah didunia ini. Mobil ini adalah mobil yang berasal negeri India yang diciptakan oleh perusahaan Tata Corps. Mengusung mesin 2 silinder segaris MPFI, single injector, 623cc, ALL Aluminium dengan posisi mesin dibagian belakang (seperti VW beetle) membuat mobil tanpa AC ini mampu menembus 20KM untuk 1liter bensin di tengah kota dan 50KM untuk 1liter dijalan TOL. Karena mesin yang kecil, maka mobil ini hanya perlu 2 klep per silindernya. Dari pada kepanjangan, mending lihat tabel ini aja:

Kalau dilihat dari kapasitas mesinnya, mobil ini mirip dengan Subaru R2. Tapi kalau masalah harga, memang berbeda jauh. R2 dibanderol sekitar Rp 155jtan. Sedangkan di negara asalnya Nano hanya di banderol sekitar 20jtan. Tapi karena harga beacukai untuk barang mewah itu mahal, sekitar 300%. Berarti, bila sudah sampai di Indonesia bisa sekitar 60jtan. Oh iya, ada sedikit tambahan. Mobil ini sudah bisa memenuhi standard Euro4…

Advertisements

25 thoughts on “Spesifikasi dan Harga Tata Nano

  1. marshella1503 says:

    sbnrnya gw bingung,pa ni artikel yg msti gw cmmnt?
    ahahha….
    tp gw cmmnt..serius mobil harga ya segitu?hahahha….

  2. cryptolover says:

    sepintas bentuknya kayak “kancil” yak?
    logo T itu (kalo gak salah juga lho) mirip sama logo mobil TIMOR (yang diklaim produk Indonesia, booming pada tahun 96-98an)
    emang mobil tsb digolongkan barang mewah?
    trus bisa nembus 105 km/jam?
    gile juga kalo bisa sekenceng itu di jalan tol…!
    gak jungkir balik apa, kalo disalip bus/truk?
    mengingat bannya imut2 gitu…
    tapi desain body belakangnya top juga…

    Mas Willy, kalo gak salah ada juga lho mobil produksi Indonesia (pure, asli semuanya made in indonesia) bermesin 500cc, dan yang unik, mesinnya bisa dipake juga buat bajak sawah…!
    bener2 multifungsi kan?
    tapi masih dalam tahap riset dan pengembangan, belum sampai produksi masal.
    bodynya (maap nihh… amit2 jabang bayi…he.3) wuuuaaneh banget, jauh dari kata futuristik…
    model jip bukan, SUV bukan, espass bukan, Kancil juga bukan…
    lampu depannya nakut2in anak kecil, dikira bemo jadi2an…he.3
    waktu itu reviewnya Aq liat di O chanel TV…
    mungkin bodynya perlu pengembangan lagi kali yak?
    baik itu Tata Nano atau pun mobil Produk Indonesia…
    biar pantes diliat n gak malu2in yang naik…he.3

    • willycar says:

      Iy Bro Crypton, bodynya emang mirip sama kancil.. Hehehe….
      Loga “T”nya emang mirip sama logonya Timor, tapi sekarang Timorkan uda ga diproduksi lagi… hehehe…. Lagi pula itu bukan murni buatan Indonesia, dibagian mesin. Timor menggunakan mesin dari Hyundai…. Hehehe..
      Mengapa tergolong barang mewah??? Sama halnya seperti kita membeli Setrikaan, setrikaan aja yang daya wattnya cuma 350watt aja uda kena pajak beacukai yang cukup tinggi. Sedangkan Tata nano inikan menghasilkan daya yang lebih dari 350watt kan??? Maka bisa kena pajak dari beacukai…. Hehehe…. Ga tau y, klo ada kebijakan dari pemerintah…. Hehehe…..
      Untuk mengakalinya dari serangan Bus dan Truk. Kita bisa mengganti spek ban yang lebih lebar (tapi bukan diameternya y yg di besar) atau kita bisa mengganti suspensi dengan yg lebih keras. Tp dgn suspensi yg lebih keras, kenyamanan kita didalam mobil jadi berkurang….
      Desainnya lumayan bagus kok, apalagi klo ngeliat single muffler (knalpot) yang ada ditengah, mirip sama Lotus Exige atau dengan Mini Cooper….

      Oh ya??? Masa sih??? Hehehe…… Modelnya kaya gimana y??? hehehe……

  3. Wahyu Pamungkas says:

    gimana sih,,, klo aku pribadi mending naik avanza,, orang itu aja dah lumayan bagus,, gimana dengan Tata,, orang bodynya aja viper,, bisa terbang donk klo dibawa ngebut,,,, buat yang mau beli mending pikir dahulu,,,gimana dengan kualitasnya,, mending klo lum kuat punya mobil baru jangan dipaksakan,, toh banyak mobil2 second yang murah,, misal suzuki karimun,,Katana,, Toyota starlet,,, ok Boss,,,

    Gudlak ye..!!!!
    Wahyu Pamungkas

  4. rafflesia says:

    Wah boleh juga tuh kira kira. kapan nyape indonesia. trus kalo harga di india 20 j kira kira nyampe indonesia berapa beacukainya jangan disamain sama mobil mewah dong toh judulnya aja “mobil termurah sedunia“ . masa yang murah dibikin mahal dan sebaliknya yang mahal dibikin murah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s