Kebon Jeruk III: Surga Para Bikers yang Penuh Penipu Ulung. Saya Korbannya…

Dalam artikel yang saya buat ini. Saya sama sekali tidak bermaksud untuk menuduh atau memojokkan satu dengan yang lain. Tetapi memang begitulah faktanya. Pada hari Minggu (12/4) saya bersama teman saya pergi ke Kebon Jeruk III yang konon menjadi surga belanja spare part bagi para bikers. Tetapi memang begitulah faktanya, mulai dari aksesoris hingga Spare parts racing dapat ditemukan dijalan ini. Tetapi tahukah anda, bahwa di Kebon jeruk III terdapat begitu banyak calo dan makelar??? Oh tentu, buktinya saja saat saya dan teman saya berkunjung kesana. Motor yang kami naiki saja belum berhenti, sudah banyak calo yang bertanya kepada kami “Cari apa BOSS??? Knalpot??? Ban???” Ya begitulah. Memang masalah Calo, sudah bukan lagi menjadi rahasia. Tetapi tahukah anda, bahwa ada toko yang secara meyakinkan memasang brand Yamaha (seperti yang ada di bengkel yamaha resmi) yang menjual spare parts Yamaha PALSU (KW2). Nama toko dan alamat pastinya saya kurang tahu, karena pedagang tokonya secara yakin mengatakan “Kita GA jual Barang KW, BOSS”. Maka dari itu saya tidak melihat nama tokonya lagi. Yang jelas bila anda memasuki jalan Kebon Jeruk III melalui jalan Hayam Wuruk, lalu pada tikungan pertama di sebelah kanan, belok ke kanan lalu toko itu tepatnya berada di sebelah kanan kira-kira lima atau enam toko dari belokkan ke kanan tadi. Disana saya membeli kampas rem belakang JupiterZ (Burhan) dengan harga Rp 32.000. Karena saya sebagai orang awam, merasa memang itu spare part asli ya sudah saya beli aja. Model kemasannya seperti ini.

dus-palsu

Keesokkan harinya, (13/4) saya meminta mekanik langganan saya untuk memasang kampas rem yang baru saya beli dari seorang penipu ulung ini. Setelah di buka dari kemasan dan di perhatikan secara teliti oleh mekanik langganan saya. Akhirnya dia berkata “Ini mah yang KW2, bukan yang asli”. Begitu mendengar perkataan seperti itu, saya langsung terperanjat kaget. Lalu ia membeberkan bukti-bukti yang menyatakan bahwa kampas rem ini KW2. berikut foto-fotonya:

kampas-asli

Kampas rem ini yang ASLI (bawaan pabrik, sejak saya beli motor). Buktinya ada di pahatan/motif yang dimulai dari angka “130 T-1L”. Cetakan ini HARUS TIMBUL dan bukan SABLON atau STIKER. Oh ya…. Setiap kode maupun angka dalam kampas rem asli HARUS timbul…. Apapun kode dan angkanya

kampas-palsu

Kampas di atas ini adalah kampas PALSU… dapat di lihat perbedaannya antara angka 9A273 dan tulisan “YAMAHA”. Yang timbul hanya tulisan YAMAHA saja bukan 9A273. kode 9A273 hanya sablonan saja…….

Advertisements

31 thoughts on “Kebon Jeruk III: Surga Para Bikers yang Penuh Penipu Ulung. Saya Korbannya…

  1. cryptolover says:

    wah, bisa jadi bahan referensi nih…
    untung belum sempat ke sana…
    yang ahli aja bisa kena tipu, gimana yang masih newbie?

    • willycar says:

      Ahli???? Siapa yg ahli Bro….. Saya jg masih newbie kali… Buktinya masih kena TEPU……. Hahha…… Tp itukan buat pengalamannya aja, jd kita ga menginjak lubang yg sama…. Hehe….

  2. Honda lovers says:

    Memang skrg byk penipu2 y, penipu na pun dr berbagai hal termasuk menjual spareparts palsu. Wkt tu klo g slh mau beli CDI di toko (kurang tau nama dan alamat na), ada temen yg blg klo CDI toko itu kebykan palsu atau tiruan. Uda ada yg nyobain ke motornya, tenganya bkn bertambah malah bertambah loyo. He..3x Mungkin wkt beli spareparts perlu 3D spt Uang (Dilihat, Diraba, Ditrawang) Wkwkwk… Btl kan bro Willy?!

  3. Cupplies says:

    balikin aja will,.lempar tuh kampas rem palsu ke mukanya. jadi esmossi jg neh kalo kyak gene.. hahaha,.sorry bro emank hrs digituin biar kapak,.eh kapak mksd ane kapokk..hehe

  4. bajul says:

    ya dari kemasannya aja juga keliatanya asli. orang awam pasti banyak yg ketipu. Jangan-jangan PJ yang ane beli kemarin juga palsu….tar ane check lagi ah…

  5. jay says:

    saya bekerja di pabrik kamvas rem saya tau mana yang asli dan yang palsu dari gambar yang anda tampilkan menurut anda asli itu juga palsu. karna yang asli tidak ada alur slit pada permukaan kamvas rem.

  6. a says:

    thank’s bro, saya niatnya mau beli tangki bensin motor megapro saya, saya liat pernyatan mas bro begitu jadi ragu… tapi apa ada ya mas bro yang benar-benar suku jadang yang asli disitu?

  7. mahendra says:

    tapi kemarin pas gnti kampas rem JMX ane, ntu kampas kan bawaan pabrik/dari beli baru motor,,,tk liatin kodenya gk timbul ntu/sablonan,,,, masak dari pabrik yamaha.nya ngasih yg kw2,,,

  8. asd says:

    Gan. Ane penjual sparepart. Bukan membela penjual ya. CUma kasih info aja, yg bawah itu kanvas rem asli utk Mio, Jupiter Z burung hantu, dan memang aslinya kodenya gak timbul (printing) dan cirinya pun memang Padnya agak hitam. Sedangkan yg atas itu untuk motor Vega ZR, Jupiter Z terbaru, memang kodenya timbul.
    Kesimpulan, blum tentu barang yg difoto itu adlh palsu, karna barang yg palsu cirinya agak dekil dan byk goresan di babetnya (bekas yg asli disikat)
    sedangkan klo saya liat di foto tersebut kliatannya cukup clean 🙂

    • Gtz#58 says:

      Setubuh sama anda gan. Walau bukan seller tp ya dikit” bisa dan ngrti lah. Orang sebenernya klu udh biasa pegang d liat sma kepegang aj udah tau mana ori, mana kw mas bro. Hehehe…

  9. Martens says:

    kalo boleh saran om2 semua, ini ane dapet pengalaman dari temen yang sempet kerja jadi sales disana, sebisa mungkin jangan bawa motor masuk ke area KB3, pasti makelar2 n calo2 langsung nyerbu, parkir aja dipinggir jalan harmony lebih enak belanja aksesoris tanpa bawa motor kedalem resiko tinggi. semoga bermanfaat

  10. kent says:

    Itu aseli bos
    Klo kampas bawaan pabrik sama sparpart toko emg beda bos sparpart beli ditoko emg pake sablon coba lu nyari nympe ujung berung gk bakalan ada yg tulisan nimbul.

  11. Tri Mulat says:

    Kayaknya yang lebih bener jelasin dari pihak Yamaha. Sebab yang palsu sudah semakin asli. Karena pihak Yamaha lebih mengerti, dibandingkan orang lain. Seperti reklamasi pulau di utara Jakarta, kelihatannya benar, tetapi setelah sekian lama terlihat tujuan palsunya. salam dari profesorcilik.wordpress.com

  12. alfian says:

    Kalo mau cari sparepart kudu bener” jeli mas sudah hampir 30% lebih sparepart kw bertebaran ditoko” , saya pernah kesana beli aksesoris motor kyk spion jalu knalpot alhamdulillah dapet murah , saya ga brani beli sparepart disana mending lgsg didealer mahal gpp yg penting asli terjamin drpda murah tp cepet rusak bisa keluar ongkos 2x lipas ntr, beli aksesoris disana emng murah” asal bisa nawarnya

  13. Lilik says:

    Bang mau tanya nich?paking cylinder head ninja 250 fi rembes oli itu kenapa ya?terus solusinya gimana,pengaruh gk k mesin,makasih sebelumnya atas saranya?

  14. mario says:

    kl mau beli sparepart asli di kebonjeruk3 silahkan dtng ke toko2 resminya (hanya menjual 1 brand di tokonya) hrgnya lbh murah drpd bengkel resmi.
    kl bengkel2 non resmi/atpm hrs jeli.
    bs dpt palsu atau asli.
    barang palsu bs dibagi 2:
    1.barang palsu bungkus palsu
    2. barang asli dibungkus palsu (hasil rejek pabrik)
    3. Barang aftermarket. Bukan palsu tp memang merk n kualitasnya beda dg yg atpm

  15. Hendra Toharding says:

    Makin sering dipakai maka tromol rem belakang makin aus yg akibatnya jarak injak pedal makin dalam. Kampas palsu biasanya lebih besar dari asli, jadi malah menolong kita. Kadang yg ke itu blom pasti jelek.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s