Suzuki Thunder125 VS Bajaj XCD 125 VS TVS Flame 125

Karena banyaknya permintaan tentang komparasi motor “laki” kelas 125, akhirnya artikel ini dapat terwujud juga. Berikut ini adalah produk-produk yang kami adu secara head to head secara langsung. Motor-motor ini berbeda negara kelahiran, motor pertama adalah motor kelahiran Jepang yang sudah cukup di kenal di kalangan bikers yaitu Suzuki Thunder 125. Motor kedua adalah motor kelahiran India yang sedang giat-giatnya merebut pangsa pasar dari Suzuki Thunder yaitu Bajaj XCD 125. Sedangkan motor yang terakhir adalah motor yang saat ini banyak desas-desus yang menyebutkan akan hadir di Indonesia yaitu TVS Flame 125. Berikut komparasi kami:

BODY

Dari segi body, apabila TVS Flame benar-benar masuk ke Indonesia dan Thunder tidak melakukan facelift maka Thunder akan terlihat benar-benar old fashion. Karena baik XCD danFlame, memiliki garis body yang lebih tegas yaitu dengan banyaknya garis tajam yang membentuk bentuk segitiga sedangkan Thunder masih saja berbentuk bulat. Headlamp Thunder yang sepertinya sudah banyak sekali para KUPANG (kuda Jepang) yang memakainya. Sedangkan model headlamp XCD dan Flame yang masih cukup jarang di terapakan pada motor-motor lain. Rearlamp Thunder yang memang sudah cukup bosan orang melihatnya, sedangkan XCD dan Flame yang cukup inovatif dengan mencangkokan lampu LED.

SPEEDOMETER

bajaj-dts-si-125cc-xcd-digital-console-speedometer.jpg

Thunder masih saja betah dengan dual analognya, sedangkan XCD dan FLame sudah mengaplikasikan single analog untuk Tachometernya dan Digital untuk kelajuannya. jadi menurut anda, dari segi desain speedometer siapa yang lebih unggul???

PERFORMA

Lihat sendiri deh… Yang jelas ilustrasi pergerakkan campuran udara dan bensin di mesin bajaj  seperti ini.

125cc

Thunder

XCD

Flame

Volume

124

124.58

124.8

Jenis

4T, OHC

4T, DTS-Si

CCVTi, 3valves, 4T

Bore

57

54.5

54

Stroke

48.8

54.4

53.5

Compresion

1:9.2

1:9.5

1:10

HP rpm

11.5@9500

9.53@7000

10.5@7500

Torsi

1.1kgm@5000rpm

10Nm@6000rpm

Clutch

manual, rack n pinion

basah- multi disc type

basah-multi disc type

Busi

NGK CR8E

#2 Champion RG4HC

mono spark plug

Suspensi depan

Teleskopik, pegas spiral

Teleskopik

Teleskopik Hydrolic

Suspensi belakang

lengan ayun, 5 tingkat pengaturan

lengan ayun, 5 tingkat pengaturan dengan dual SNS

lengan ayun, 5 tingkat pengaturan

Radius putar (m)

2.1

1.99

N/A

Volume Tangki (l)

14

N/A

7.5

Advertisements

14 thoughts on “Suzuki Thunder125 VS Bajaj XCD 125 VS TVS Flame 125

  1. marco says:

    suspensi depan flame pake hydrolic… wah lembut dong rebound nya pasti enak buat masu trek yang kribo apa lagi di aspal.. wah bener2 mantap.. ciet depan dah disk kan.. trus bajaj juga mesinnya kayaknya keren digital juga speedo meternya.. jadi bener2 tertinggal jauh produk jepang jadi bener2 old.. so buwat bro2 yang japanese minded masih belain jepang??? ini yang saya bilang saatnya kita terima produk baru yang berkwalitas bukan harga yang di banggain untuk harga jual kembali juga belum tau.. tapi apa dulu juga H*N*D* juga langsung harga jual kembali tinggi??? image india produk akan terbentuk seiring berjalannya waktu..

    • willycar says:

      Hehehe… Betul Bro…. Setelah saya pikir”… Ternyata selama ini, mobil ataupun motor yang kita miliki. Yang kita beli hanya nama besar dari merek tersebut. Bukan kwalitas dan inovasi yang kita beli… Iya kan…. Hehhe…. Justru produk” yang baru ingin membesarkan namanya di wilayah yg blm pernah ia kenali itu biasanya memiliki nilai plus lebih banyak dari pada merek yang sudah terkenal…. Hehhe… Klo masalah resale value atau nilai jual kembali, kita membeli motor itu kan bukan seperti pedagang motor bekas yang hanya dipakai 1 sampai 2 hari…. Kita bisa pakai lebih dari 2 tahun dan dengan 2 tahun itu, kita sudah mendapat suatu nilai kepuasan tersendiri dengan mengendarai kendaraan itu… Hehhe….

  2. marco says:

    Iya dulu saya waktu beli MX juga berhitung dulu.. saya disuruh milih antara MX ma Supra 125 Rear disk. di riau OTR MX 15.150Rb dan Supra 14.875rb. saya bandingin dari segi mesin dan tampilan. dah Monoshock, mesin tegak, 4 Klep, Watercooled, trus cc dah 135 saya pikir seimbang lah antara Harga ma Motor yang saya beli. trus supra 125. saya dapat mesin masih tiduran, trus dua klep, air cooled, cc cuma 125 shock belakang masih stereo jadi masih jauh dari kesan sporty meski dah cakram belakang mx saya pasang cakram belakang cuma Rp. 300rb.. masih identik dengan kendaraan pegawai belum untuk gaya.. tapi waktu itu saya juga masih ngiler ma Satria FU tapi dana saya ga sampai.. klo mau kredit sakit hati ngeliat bunganya… he..he.. so i love my MX meskipun ga sekencang FU, tapi sesuia lah ma Harganya.

    • willycar says:

      Sama donk bOSS….. Sama juga pake JupieZ ga mau saya jual”, meskipun adik saya ngeributin mau pake FU atau King. Walaupun ga sekenceng itu, tp saya uda terlanjur cinta sama JupiZ saya… Hehehe……

  3. Bagio says:

    maaf bos, mau ngasih saran nih.
    gimana kalau di daftar spesifikasinya ditambahin juga tingkat percepatannya, tipe perpindahan giginya, jarak sumbu rodanya, sama dimensi kendaraan (PxLxT).
    ditunggu ya bosss…?

    • willycar says:

      Ya… Belum pada tau ya.. Saya masih SMA kelas XII… Makanya sekarang maih UAN… Buat ngebalesin comment dari Bro” aja saya harus melewati teguran n peringatan ortu ttg UAN… Doa’in biar pada lulus 100% y BOSS…. Hehehe….. Makanya panggil saya Willy aja… Hehe……

  4. ceftriaxon says:

    brotherhood yang penting.. gw pnya thundie 125 mqntqp lumayan … modif gampang segala type masuk.. klo xcd susah modif bro.. body agak kecill..klo speed gw pernah coba head to head ama xcd thundie d depan.. bro.. oya gw suka forum ini membandingkan yang sekelas thundie 125 ya jgn d bandingkan ama vixie 150 tigie200 .. pastilah jauh.. salam brother hhood

  5. mynameisarya says:

    Ampe sekarang TVS Flame belum keluar di Indonesia, tapi TVS punya Tormax 150. Motor bebek sport baru.

    Aku pakenya TVS Apache RTR 160. Motor istimewa, gak mau pindah ke lain hati. Gak tertarik sama KUPANG (KUda jePANG) sama sekali tuh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s