Delapan Cara Menjaga Tekanan Angin, Berakibat Penghematan Konsumsi BBM…

Banyak orang yang bertanya kepada saya, bagaimana cara menghemat BBM kendaraannya. Bahkan tidak sedikit mereka yang memasang banyak alat penghemat BBM untuk kendaraannya agar konsumsi BBMnya dapat direduksi semaksimal mungkin. Tetapi banyak juga dari mereka yang tidak memikirkan tekanan angin pada ban kendaraan mereka. Ada sekitar delapan agar tekanan angin ban kendaraan dapat terjaga dengan sempurna. Berikut delapan cara agar tekanan angin tetap terjaga:

  1. Usaha setiap seminggu sekali untuk selalu memeriksakan tekanan angin melalui pengukur tekanan angin pribadi yang dapat dibeli ditoko-toko kesayangan anda.
  2. Lebihkan sekitar 1-2psi dari tekanan angin normal agar apabila terjadi penurunan tekanan angin, penurunan yang terjadi tidak terlalu signifikan.
  3. Bagi anda yang baru membeli ban, usahakan untuk lebih sering melakukan pengecekkan tekanan karena ban baru cenderung berubah-ubah bentuk hingga 3000km.
  4. Dalam melakukan pengisian angin ban, usahakan untuk mengisi angin ban pada suhu temperatur rendah. Agar memperoleh hasil yang akurat.
  5. Kami menyarankan untuk mengganti jenis angin pada ban kendaraan dengan Nitrogen (N2). Karena dengan pemakaian N2, angin akan lebih stabil dan dingin. Belum lagi partikel N2 yang lebih ringan dan besar, sehingga ban berangin N2 tidak memerlukan pengisian yang sering.
  6. Untuk jenis ban Tubeless, kami sarankan untuk menambahkan cairan penambal pada sekitar telapak ban agar pori-pori ban dapat lebih melekat.
  7. Hindari jalan berlubang dan bobot terlalu berat saat sedang berkendara.
  8. Selalu pakai tutup pentil pada setiap roda agar potensi terkena kerikil dapat tereliminir.

Selamat mencoba…

Advertisements

2 thoughts on “Delapan Cara Menjaga Tekanan Angin, Berakibat Penghematan Konsumsi BBM…

  1. Ozpeed says:

    untuk poin 8. Selalu pakai tutup pentil pada setiap roda agar potensi terkena kerikil dapat tereliminir.

    itu maksudnya apa ya bro..? emang ada hubungannya antara tutup pentil dengan terkena kerikil?

    • willycar says:

      Oh….. antara tutup pentil dengan krikil memang ga ada hubungannya, tapi antara pentil dengan krikil itu ada hubungannya. Takutnya klo pentil ban kita ga ditutup, nanti ada krikil yang nyelip di sela” pentil ban yang nantinya bisa membuang stok angin dalam ban…..:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s