Cara Hemat Bahan Bakar dan Ramah Lingkungan

Banyak pada pengendara sepeda motor dan pengemudi mobil yang menginginkan kendaraannya dapat memperkecil konsumsi BBM kendaraannya seefisien mungkin. Tetapi setelah hampir 6bulan ini saya berjalan 35KM dari rumah ke kampus dan ke rumah lagi dan melewati banyak jenis kondisi perjalanan. Tetapi pada kenyataannya banyak para pengendara dan pengemudi ini hanya sampai di mulut saja rasa ingin hemat bahan bakar, tidak sampai pada tindakannya. Mau bukti??? Kalau memang mau menghemat konsumsi BBM kenapa setiap lampu merah menjadi hijau para pengendara pasti menarik gas hingga rpm tinggi dan cara pengendaraannya yang sangat tidak sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Saya memiliki satu cara dan ini memang merupakan inti dari pembahasan kita pada kali ini.

MATIKAN MESIN KENDARAAN ANDA SAAT TERJEBAK LAMPU MERAH

Ada yang mau beri komentar??? Ssstttt…. Tunggu dulu, baca dulu penjelas saya dulu….

Ya, ini merupakan cara termudah dan berakibat yang sangat signifikan bagi lingkungan kita. Kita cukup mematikan mesin kendaraan kita saat sedang menunggu lampu merah tersebut menjadi hijau.

Pertanyaan yang mungkin terlintas di benak kawan – kawan:

Q: Dari mana kita tahu seberapa lama lampu merah itu akan menyala???

A:Hampir seluruh lampu merah dijalan protokol sudah memiliki seberapa lama lampu merah tersebut menyala (dalam detik). Dengan begitu kita bisa mengetahui seberapa lama lagi lampu merah tersebut akan menyala. Dan apabila angka pada lampu merah sudah berada dibawah 10detik, barulah kita menyalakan mesin kita sebagai jarak waktu kita untuk manyalakan mesin. Nah, memang masih ada beberapa lampu merah yang belum dilengkapi dengan angka seberapa lama lampu merah menyala. Caranya mudah, bagi anda yang hampir setiap hari melewati jalan tersebut pasti anda tahu giliran jalur mana yang akan lampu hijau selanjutnya. Dengan begitu anda juga memiliki perkiraan untuk menyalakan mesin.

Selain itu, coba tanamkan tindakan ini pada benak anda untuk

TIDAK MEMAINKAN GAS SAAT MENUNGGU LAMPU MERAH

Selama beberapa bulan ini saya kuliah dengan jarak yang cukup lumayan, saya memperhatikan beberapa teman rider yang tidak sabar dengan lampu merah sehingga sering kali mereka memainkan gas pada kendaraan mereka. TAHUKAH ANDA??? Untuk motor atau mobil yang masih memakai Karburator, terdapat sebuah pompa yang disebut pompa akselerator. Sehinnga apabila gas dimainkan pada pompa akselerator pun akan menyemburkan bensin yang jauh lebih banyak dari pada biasanya, otomatis konsumsi BBMpun menjadi lebih boros. Begitupun bagi kendaraan yang sudah memakai sistem injeksi.

COBA TEMAN – TEMAN (BAIK PENGGUNA MOTOR MAUPUN MOBIL) MERENUNGKAN HAL INI. MUNGKIN ANDA HANYA PERPIKIR “HAL SEPERTI ITU TIDAK AKAN MEMBANTU MEMULIHKAN DUNIA KITA YANG SEDANG SAKIT”. TETAPI, COBA PIKIRKAN KALAU 35% (PERSENTASENYA GA USA BANYAK” DULU, KARENA GA SEMUA RIDER & DRIVER MEMBACA POSTING INI ๐Ÿ˜€ ) DARI SELURUH PENGENDARA MELAKUKAN HAL INI. COBA BAYANGKAN BAGI KELANGSUNGAN DUNIA KITA, PENGHEMATAN BBM YANG KITA GUNAKAN, DAN UANG YANG KITA ALOKASIKAN UNTUK BIAYA TRANSPORT PASTI AKAN LEBIH KECIL.

Ada pendapat lain????

Advertisements

9 thoughts on “Cara Hemat Bahan Bakar dan Ramah Lingkungan

  1. maz.bam says:

    haloooo…..(^0^)

    kirain jualan alat baru nih,,rupanya bkn,,lah wong yg lama aj blum smpt ke beli kok,,hehehe…

    kl matiin mesin di lampu merah itu ud kebiasaan sya dr dl,,maklum motor sya kn pake sistem pendingin angin,kl lg brenti ya gk ada angin,,kl idup trus ya jg jd panas,,ap lg pke cdi racing,api nya jd gede,,yah lumayan istirht bntr tu mesin skalian ngirit bensin,,,,

    tp kl di mobil2 tipe lma geber2 di lampu merah tu jg ad fungsinya lo mass,kl kipas radiator muternya lambat jdnya overheat,,makanya di geber2,,mknya lebih bgs di matiin aj skalian mobil ny,,sing sabarr gt lohh…

  2. drackuma says:

    mas bukannya kalo setiap kita nyalain idupin motor malah bisa menyebabkan lebih boros yah…..ketika kita mematikan mesin terutama bagi kendaraan yang masih menggunakan karburator maka bensin akan tetap turun hingga kadarnya cukup untuk dinyalakan lagi, jadi seumpamanya nyiram tanaman kta siram sampe air digayung habis lalu kita isi lagi hingga penuh n kalo kita nyiramnya pelan-pelan air yang tertuang juga stabil. begitu juga pada motor ketika mesin nyala relatif bensin mengalir lebih stabil…..
    mav kalo salah mas……

    • willycar says:

      Oh ya, memang banyak org yg bilang gt. Tapi klo kita musti nunggu lampu merah yang nyalanya masih 100detik lagi, mending dimatiin aja kan bro?? ๐Ÿ˜€

      Lagian, klo kita start engine tanpa gas di pelintir. Juga bisa jadi irit kok…. ๐Ÿ˜€

      Maaf klo salah…. ๐Ÿ˜€

      • drackuma says:

        hihihi di tempat saya sih gda yang 100 detik mas coz masih di daerah pinggiran…..
        tapi bener juga sih mas kalo selama itu mending dimatiin….
        yah berartikan mesti kembali ke masing-masing personal….pakah dia tipe orang yang ga sadar linkungan atau engga…..
        mav juga kalo da salah kata coz masih dalam tahap mencari ilmu……

  3. satria says:

    cintai lingkungan…
    cintai masa depan…
    kita harus sayang kepada anak cucu kita…dimasa mendatang !!!
    be spirit..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s