Fungsi Knalpot….. Pembangkit tenaga? Emang bener ya?

kna

Karena banyaknya permintaan dari teman-teman untuk mengulas tentang knalpot dan karena sedikitnya waktu yang saya miliki maka hal ini baru terealisasikan sekarang. Dikalangan bikers banyak beredar kabar yang menyebutkan bahwa penggantian knalpot dari knalpot standard ke knalpot racing dapat meningkatkan tenaga motor. Fungsi knalpot secara umum adalah untuk menurunkan suhu udara yang sangat tinggi akibat kompresi di dalam ruang bakar (silinder). Knalpot motor di bagi menjadi dua yaitu knalpot untuk motor 2 stroke/2 tak dan untuk motor 4 stroke/4 tak.

2 tak

Pada mesin 2 tak, mesin hanya mengalami dua langkah dan mesin ini tidak di lengkapi dengan katup atau biasa di sebut klep.Pada jenis mesin ini, knalpot sangat berperan dalam langkah pembakaran. Turbulensi dalam knalpot 2 tak akan membantu kompresi bahan bakar di ruang bakar karena turbulensi ini akan menghasilkan tekanan balik ke ruang bakar tetapi perhitungan turbulensi udara dalam knalpot ini tidak sembarangan harus ada perhitungan yang tepat pada komponen lain pada mesin seperti diameter klep, lama waktu klep membuka & menutup , dsb. Oleh karena itu knalpot racing pada motor 2 tak tidak selamanya dapat meningkatkan tenaga, tetapi bila settingan karburator, buka tutup klep pas maka penggantian knalpot racing dapat meningkatkan tenaga motor antara 10% hingga 30%.

4 Tak

4 Tak adalah mesin yang bekerja sebanyak empat lengkah, yaitu: Hisap-Kompresi-Usaha-Buang. Letak kehebatan mesin 4 tak ini adalah katupnya, sedangkan fungsi knalpot pada jenis motor ini hanya untuk menurunkan suhu akibat kompresi. Sehingga bila banyak orang yang berkata bahwa bila mengganti knalpot racing itu dapat meningkatkan tenaga mesin itu hanyalah BULL SHIT(omong kosong). Menurut mereka dapat menambah tenaga karena bila mereka ingin mendengar suara knalpor itu mereka harus memutar gas hingga rpm tinggi. Kalaupun benar-benar naik, paling tinggi peningkatan tenaganya hanya sampai 5% itupun di karenakan sudah mengalami penggantian Spuyer (main jet dan pilot. Alat pemasok BBM di Karburator). Jadi untuk apa kita mengganti knalpot racing bila tidak ada gunanya, yang ada hanya suara berisiknya itu. Setuju?


About these ads

22 Comments

Filed under Motor

22 responses to “Fungsi Knalpot….. Pembangkit tenaga? Emang bener ya?

  1. manan

    klau motornya msih standard abisss mang btul..
    yg ad mlah boros bbm…
    ap lg utk motor 4tak.,,
    klau utk 2tak sih ckup pke knalpot standard lalu dibedel dkit…jamin deh psti kencang…

  2. maz.bam

    salam otomotif

    hmmm…
    kl knalpot ak ud sering gonta gnti jg ni,ak da hmpir cobain semua merk..
    emng si kl motor-y standrt ya cma bikn boros aj,sbnr-y gk bkin kncng jg,krna gas pembuangn jd lebh bnyk dr mskan,trus ruang bkr jd kering,ring piston jg jd cpt kemakan,mka-y karbu jg hrs distel ulang,naikin spuyr yg konsekwnsi-y bikn motor boros..
    tp yg bner tu knalpot di tempah sesuai sma mau-y mesin,kyk di motor road race…
    kl motor stndrt ya mending knalpt aslinya di belah dkit lah…
    motor-y maz willy donk cba di gnti ama knalpt AHRS F3,trus ikt ngetrek deh…heeheehee…

  3. MLQ

    Wah…
    ini klw di baca banyak biker..
    bisa2 penjualan knalpot 4 tak jadi sepi nih…

    komentnya produsen muffler A**S ma N**1 dll ditunggu..

  4. Salam otomotif,

    Halo Bro MLQ, itu semuakan tergantung dari ridernya sendiri. Klo ridernya suka suara ngebass ya ganti aja, tapi klo dasarnya uda nggak suka suara ngebass ya nggak di ganti kan? hehe..

  5. MLQ

    Wah…seperti beli speaker dong… :P
    bro Willy…
    bagaimana dengan artikel ini http://www.motorplus-online.com/articles.asp?id=4902&no=1

  6. Dika

    Kalo Knalpot Free flow itu apa sih maskudnya mas willy???

    • Ohh…. Knalpot Free Flow itu adalah knalpot yg ga pake saringan lagi. Biasanya knlapot free flow itu knalpot yg bacotnnya yg GELDEK…. Knalpot free flow bisa nambahin tenaga cukup besar untuk motor 2 tak dan mobil. tp untuk motor 4tak, ga terlalu besar. Paling besar sekitar 5%, itupun karena penggantian pilot jet, main jet, dan spuyer yg lubangnya diganti lebih besar….

  7. Hamzah

    Nah, keknya ini tempat yg pas buat nanya masalah peredam suara knalpot.
    Gini, gw dipinjemin motor yg pake knalpot racing. Brisik minta ampun. Pengen ngeredam suara brengsek itu, tapi pengen ngoprek sendiri. Kasih tau ilmunya dong. Kebetulan di rumah ada alat2 bengkel. Siapa tau bisa.
    Pernah denger soal penutup ujung knalpot yg kek wajan. Buat ngeredam suaranya kt org sih. Tulung ksh tau ilmunya. Sukur2 ada tutorial cr bikinnya. Kl ada gambarnya ya boss.
    Muakasih buanyak. Tulung dijawab.

    Hamzah

    • Klo menurut saya, uda ga bisa lagi Bro. Klo mau ganti knalpot standard lagi Bro…

      Klo ga salah penutup ujung knalpot itu cuma ada di knalpot tertentu juga… :D

  8. XFire

    Ngomong gini udah pake acara dynotest blom?

    Di majalah baru kemaren Hendri sempet dynotest motor bebek knalpot standar dan sesudahnya ganti knalpot racing…naik hampir 2 dk

  9. doonie

    salam otomotif..
    trus kalu gw punya motor bebekstandar yang pengen ganti knalpot dan nambahin tenaga gimana?
    settingan apa yang musti di rubah selain langsamnya?
    thx

  10. cdi tive apa buat jupiter mix saya makasih

  11. ganti knalpot racing harus di sesuaikan oleh tenaga mesin bro… kalo terlalu blong,,, ya persempit volume buang yang ada di ruang knalpot tersebut!!! aseli loh kalo knalpot itu ‘dapat’ bisa menambah tenaga mesin sekitar 1-4 tenaga kuda.

  12. dolon

    kira2 knalpot racing bsa ngerusak mesin gk………….

  13. muchti

    Mascoat ” Thermal insulation Coating” bisa meredam suara knalpot anda, plus kalau mau knalpot bisa dipegang alias panas suam suam kuku itu pilihannya, MAU

  14. wah kalo beli yang murahan suaranya bikin telinga sakit

  15. akbar

    knalpot turbo cyclon untuk motor 2 tak bisa apa nggak gan ?

  16. manusia.iseng

    pada 4 tak nambah kenceng lah. secara diameter pipa pada knalpot standar terlalu kecil, jadinya rpm tinggi ngeden, gas buang susah terbuang. sedangkan pada knalpot racing, diameter pipa sudah dihitung agar bisa membuang gas buang dgn lbh baik, sehingga pada rpm tinggi, gas buang tdk tersendat. kedua, tekanan balik pada knalpot standar lbh tinggi, pd knalpot racing dibuat tekanan balik sekecil mungkin. panas gas buang pun cepat menghilang.

    berisik? sumbet aja pake dB killer, atau pake selongsong catalityc converter utk motor. :p

  17. Cimon

    Apa gnti knal pot bobok’an ngrusk mesin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s