Cara Mengemudi Mempengaruhi Konsumsi BBM Kendaraan Anda.

IMG-20110907-01743

Dewasa ini seperti yang telah kita ketahui bahwa cadangan persediaan Minyak Bumi terus menipis terutama BBM dan di perlukan waktu ribuan tahun untuk mendapatkan kembali persediaan BBM, maka dari itu banyak produsen-produsen mobil menciptakan mobil-mobil baru yang memiliki teknologi yang sangat canggih yang dapat menjadikkan mobil tersebut efisien dalam konsumsi BBM dan ramah lingkungan. Tetapi ada beberapa cara agar mobil anda dapat menjadi lebih irit BBM diantaranya yaitu :

  • Pada saat pagi hari bila anda ingin melakukan aktivitas seperti biasa usahakan untuk tidak memanaskan mesin mobil anda terlalu lama karena hal ini dapat membuatkan konsumsi BBM anda semakin besar tetapi anda tidak mendapatkan hasilnya, agar mobil anda semakin irit BBM usahakan tidak perlu melakukan pemanasan cukup anda nyalakan mesin anda lalu pindahkan tuas transmisi pada posisi 1 untuk manual atau posisi D untuk automatic, biarkan mobil anda berjalan dan pedal gas tidak perlu anda injak sampai sekitar 3 menit.
  • Bila anda ingin melakukan perpindahan persneling usahkan jarum takometer menunjuk angka 2500 sampai 3000 rpm karena titik ini merupakan titik dimana pada mobil umumnya mencapai torsi tertinggi. Sehingga konsumsi BBM pada titik ini bisa mencapai yang paling efisien.
  • Pada saat anda berada di jalan bebas hambatan(TOL) usahakan anda berada pada kecepatan 60 km/jam pada gigi tertinggi atau jarum tachoometer berada di bawah angka 2000 rpm. Yang terpenting adalah dengan membawa kendaraan dengan kecepatan konstan. Karena dengan kecepatan konstan maka mesin tidak mendapat beban berlebih seperti saat kita sedang berakselerasi, sehingga ECU (Electronic Control Unit) memerintahkan injector untuk menyemprotkan bahan bakar dengan volume yang kecil.
  • Periksa tekanan ban mobil anda jangan sampai terlalu kecil(kempis) karena dengan tekanan ban yang kecil maka mesin membutuhkan tenaga ekstra untuk menggerakan roda dibanding bila roda dalam tekanan yang ideal. Disarankan untuk melihat stiker yang biasa ditempel di pintu supir untuk melihat stiker tentang tekanan ban yang disarankan.
  • Cara mengemudi juga menjadi faktor penting karena semakin kasar anda mengemudi maka semkain besar konsumsi BBM yang dibutuhkan. Untuk itu disarankan anda menjadi pengemudi yang defensif bukan agresif.
  • Melakukan perawatan secara rutin ke bengkel juga menjadi suatu cara yang sangat tepat untuk menghemat konsumsi BBM
Advertisements

5 thoughts on “Cara Mengemudi Mempengaruhi Konsumsi BBM Kendaraan Anda.

  1. Rahadian says:

    wah, artikel menarik dan sangat membantu yang ditunjuk yahoo search. terutama untuk saya yang baru mau belajar stir mobil matik. Thanks bung Mod

  2. ECHA says:

    Terima kasih Mas Willy atas ilmunya mengenai otomotif,.. Semoga mendapatkan apahala yang berlipat ganda. Sukses selalu…
    ”INDAHNYA SALING BERBAGI”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s