Bila Musim Hujan Datang

Pada saat musim hujan datang ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan, karena pada saat hujan datang otomatis anda harus lebih waspada karena jarak pandangan berkurang secara drastis dan resiko terjadinya kecelakaanpun semakin besar, agar perjalanan anda lebih terasa aman dan nyaman, Berikut beberapa cara agar anda tidak terlalu khawatir pada saat hujan:

  • Perhatikan kondisi penghapus air/wiper. Bila wiper tidak dapat menghapus air dengan sempurna itu berarti kondisi wiper mobil anda sudah aus, untuk itu disarankan untuk melakukan pergantian wiper. Penggantian wiper juga disarankan untuk mengganti seluruh bagian wiper jangan karetnya saja, karena lebih beresiko kaca mobil anda tergores oleh besi wiper dan juga wiper di ganti seluruhnya jangan satu-satu.
  • Periksa bagian perngereman karena saat hujan kekuatan rem menjadi sangat berkurang.
  • Cek lampu-lampu pada mobil anda, seperti lampu rem, sein,hazard, dan lampu headlamp, agar pada saat hujan anda dapat menyalakan lampu-lampu tersebut dan para pengemudi lain dapat melihat keberadaan anda.
  • Pada saat hujan lebat dan jarak pandang anda menjadi sangat dekat, disarankan anda menyalakan lampu headlamp dan hazard agar para pengemudi lainnya dapat melihat keberadaan anda.
  • perhatikan kondisi ban anda bila sudah terlihat gundul atau aus, disarankan untuk mengganti ban yang dapat digunakan pada kondisi jalan basah agar ban tersebut dapat membuang air  dengan sempurna.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s