Fungsi dan Cara Kerja Katup / Klep Motor 2Tak

reed_valve_oil

Karena banyak dari para pembaca setia Willycar.com yang bertanya mengenai katup / klep pada motor atau mesin 2 Tak maka pada kesempatan kali ini, saya akan mengupas sedikit tentang Klep / Valve / Katup ini.

Katup ini memiliki nama resmi Reed Valve atau dalam bahasa Indonesia adalah Katup Buluh. Agak sedikit aneh memang, tapi yang itulah namanya. Berbeda dengan katup yang ada pada mesin 4 Tak, katup ini tidak perlu mekanis yang mengandalkan putaran mesin seperti pada katup 4 Tak. Pada dasarnya jauh berbeda dengan katup 4 Tak. 😀

Reed Valve hanya ada pada mesin bakar 2Tak yang intinya adalah sebagai pintu dari masuknya bahan bakar dan udara yang telah di campur didalam karburator sebelumnya. Reed valve ini juga dapat berfungsi sebagai penghalang agar tidak terjadinya “lift off” atau terbakarnya bahan bakar diluar silinder terutama dalam

karburator.  Reed Valve pada umumnya tidak membutuhkan perangkat elektronik atau mekanisme lain, murni hanya mengandalkan vacumm pada gerak piston. Reed valve ini juga dapat disetting untuk “bukaan” katup saat piston sedang melakukan langkah hisap. Sederhananya, jumlah bahan bakar yang masuk kedalam silinder juga dapat di atur lewat Reed Valve ini. Cara mengaturnya adalah dengan cara mengatur sudut bukaan katup dan mengatur “kekerasan” untuk membuka katup ini.

95BTDC

Cara kerja dari Reed Valve ini adalah saat piston melakukan langkah pertama (Langkah Hisap) maka akan terjadi kevacumman yang cukup besar di dalam silinder, nah lewat kevacumman itulah Reed Valve ini akan terbuka lalu kevacumman ini akan terus menjalar hingga ke karburator mesin sehingga terjadi pencampuran bahan bakar dengan udara di karburator lalu masuk kedalam silinder lewat Reed Valve itu tadi.

Lalu apakah Reed valve akan terus terbuka selama mesin bekerja? Tidak, saat langkah hisap sudah selesai maka berlanjutlah ke langkah kompresi (Dasar hukum gerak piston). Dalam langkah kompresi tekanan dalam silinder tidak ada lagi vacumm melainkan menjadi tinggi tekanan dan Reed Valve akan tertutup. Cara agar Reed Valve tertutup adalah dari desain Reed Valve itu sendiri yang menyerupai One Way Clutch. Yaitu katup hanya dapat terbuka dari satu arah saja.

Setelah langkah kompresi selesai, maka masuk ke dalam langkah ekspansi. Dalam langkah ini piston melakukan dua pekerjaan didalam satu langkah. Yaitu membuang gas sisa pembakaran dan sekaligus menghisap kembali bahan bakar dan udara baru. Begitu seterusnya.

Oh iya, Reed valve hanya ada pada saluran masuk ya. Tidak ada pada exhaust.

Advertisements

2 thoughts on “Fungsi dan Cara Kerja Katup / Klep Motor 2Tak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s