Perbandingan Low MPV. New Avanza vs Ertiga vs Mobilio vs Spin

5-Mobil-MPV-Terlaris-2014

Tidak bisa dipungkiri, kehadiran MPV (Multi Purpose Vehicle) menjadi salah satu mobil yang paling digemari oleh masyrakat di Indonesia. Mungkin budaya pergi dengan banyak orang sudah menjadi suatu tradisi yang umum dikalangan masyarakat Indonesia. Selain itu kebanyakan dari mereka yang baru ingin memiliki mobil pertamanya, masih tetap memilih mobil MPV karena cenderung muat lebih banyak penumpang selain mobil tipe lain.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas lebih lanjut mengenai spesifikasi mobil Low MPV agar tidak salah pilih sebelum membeli. 😀

New Avanza

veloz hitam

Hadir di Indonesia sejak tahun 2004 dengan nama Avanza, mobil buatan Toyota ini telah mengalami banyak perubahan minor hingga mayor. Hingga pada tahun 2012 All New Avanza dengan perubahan yang total desain yang dilakukan oleh pihak Toyota. Tujuan dari diluncurkan Avanza ini adalah untuk mengisi kelas bawah MPV karena Innova dinilai sudah cukup mahal harganya. Maka berikut adalah spesifikasi yang dimiliki oleh All New Avanza.

Spesifikasi-All-New-Avanza-Veloz

Pada kali ini kami mengangkat All New Avanza Veloz 1.5 yang merupakan tipe tertinggi Avanza. Dengan mesin 1.500cc tenaga yang dihasilkan adalah 104ps dan torsi 13.9kgm. Konstruksi mesin yang digunakan adalah DOHC dengan VVT-i. Untuk fitur keselamatan yang dimiliki Avanza Veloz saat ini adalah adanya sistem ABS dan sudah tertanamnya dual Airbag untuk penumpang depan.

ERTIGA

2012-Maruti-Suzuki-Ertiga-MPV-11

Lahir dengan menggunakan bendera Suzuki yang berada dibawah naungan Indomobil. Ertiga langsung mendapat perhatian tersendiri. Terbukti, desain mobil yang konon katanya hasil kerja sama antara VW dengan Suzuki ini pada awal-awal launching sudah pesanan ERTIGA sudah mencapai 3000unit/bulannya. Dahulu Ertiga hadir hanya dengan transmisi manual. Namun sekarang sudah dilengkapi pilihan dengan transmisi otomatisnya. Sedikit berbeda dengan Avanza, Ertiga hadir dengan mesin 1.400cc bensin 4 silinder segaris DOHC VVT. Maka langsung kita lihat saja spesifikasinya.

SPESIFIKASI ERTIGA

Dengan mesin kode mesin K14B. Tenaga yang dikeluarkan oleh mobil ERTIGA ini adalah 95Ps dengan torsi 130Nm. Kompresi yang dihasilkan oleh mobil ini adalah 1:10 sehingga menuntut pengunaaan bensin RON minimal 92. Sistem pengereman mobil ini juga sudah dilengkapi dengan ABS+EBD+BA.

MOBILIO

Honda Mobilio 2014-2015 004 - Samping

Seolah tidak ingin melewati momentum demam Low MPV ini, baru-baru ini Honda juga meluncurkan MPV untuk segmen Low dengan menggunakan Mobilio, menggunakan platform Honda Brio dengan menambah chassis kebelakang. Walau Honda kebanjiran indent dengan dijualnya mobil ini, namun pihak Honda mengklaim bahwa para customer yang membeli Honda Mobilio mendapat pelayanan yang sama seperti mereka yang membeli Honda Odyssey sekalipun. Maksudnya adalah walau “berjualan” mobil murah, Honda tidak terpikir untuk menurunkan kualitas pelayanannya. Dengan tag line “Banyak lebihnya”, Honda ternyata tidak terlalu sulit menggoyang penjualan Avanza atau Ertiga. Nyatanya daftar indent mobil ini sempat mencapai angka 3bulan. Maka berikut adalah spesifikasi teknisnya.

Mobilio_specs_spec

Mengandalkan mesin 1.500cc 4silinder segaris i-VTEC, tenaga yang disemburkan Honda memang sedikit lebih besar dari New Avanza yaitu 188ps dengan torsi 145Nm. Dilengkapi juga dengan dual airbag, Honda mobilio memiliki gear ratio yang lebih yang cenderung lebih kecil pada gigi pertama dibanding Ertiga dengan New Avanza. Untuk transmisi otomatisnya, Honda mengandalkan CVT (Continously Variable Transmission)

SPIN

Spesifikasi Chevrolet Spin

Seolah tidak mau kalah dengan atau karena aji mumpung, Chevrolet pun turut meluncurkan mobil low MPV dengan nama SPIN, mobil dengan 7 seaters ini agak sedikit berbeda dengan kompetitor lainnya. Menggunakan mesin 1.300cc yang PD menggunakan mesin DIESEL ini memang tidak sebanyak kompetitor lainnya yang berasal dari negri sakura tersebut. Namun Chevrolet nyatanya mampu memenuhi kebutuhan para konsumen Indonesia yang membutuhkan MPV murah dengan mesin DIESEL yang terkenal dengan irit bahan bakar dan kuat ini. Maka berikut adalah spesifikasinya.

spin_spec1_753

Yang unik dari SPIN adalah mesin DIESELnya yang PD berjualan di tengah gempuran mobil low MPV bermesin bensin. Namun sesuai dengan karakteristiknya mesin DIESEL. SPIN DIESEL ini mampu menyemburkan torsi hingga 190Nm yang mana menjadi torsi paling besar dikelasnya. Sehingga tidak perlu takut bila sering melewati jalan menanjak atau sering membawa muatan berat.

Pada artikel kali ini, kami tidak memihak pada salah satu mobil. Karena keputusan semua kembali ke tangan para konsumen. Namun yang perlu kami ingatkan adalah teliti sebelum membeli, karena Low MPV juga sudah tidak lagi mobil murah. terbukti dari range harga yang sudah mencapai 150an – hampir 200jt. Jangan pernah ragu untuk test drive dan bertanya lebih detail kepada salesnya. Akhir kata, please give your feed back at comment box…. Thanks

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s