Fungsi Glowplug pada mesin diesel

glow plug

Glowplug atau busi pijar mungkin sedikit asing ditelinga teman-teman dibanding dengan busi pada mesin bensin pada umumnya. Glowplug adalah busi yang khusus dipasang pada mobil diesel. Seperti yang kita ketahui mesin diesel tidak menggunakan busi untuk meledakan campuran bahan bakar dan udara pada combustion chamber, mesin diesel hanya dapat meledakkan campuran bahan bakar lewat kompresi piston yang sangat tinggi tekanannya. Sehingga membutuhkan temperatur yang ideal (tinggi) untuk mesin diesel agar dapat meledakan campuran bahan bakarnya dan menjadi sebuah kesulitan yang cukup berarti untuk menghidupkan mesin diesel yang dingin dan tanpa glowplug karena piston, dinding silinder dan kepala silinder adalah menyerap panas. Sehingga kehadiran glowplug pada mesin diesel sangatlah dibutuhkan.

Glowplug dipasang didalam ruang bakar / combustion chamber. Energi panas yang dihasilkan oleh glowplug didapat dari arus listrik accu yang diteruskan ke glowplug. Baik untuk konstruksi indirect ataupun direct injection, kehadiran glowplug tetap ada. Pada bagian indirect injection, glowplug diletakan didalam pre-chamber. Untuk direct injection, glowplug diletakkan di combustion chamber secara langsung. Lewat arus yang diberikan oleh accu, glowplug akan menghasilkan panas didalam silinder. Sehingga lebih memudahkan mesin bekerja pada suhu kerja idealnya.

Glowplug

Cara Kerja

Pada mesin diesel jaman dahulu, mesin diesel membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghidupkan mesinnya karena saat kunci kontak tidak bisa langsung di geser ke START melainkan terlebih dahulu ke posisi ON dan membiarkan lampu indikator glowplug yang hidup menunggu hingga lampu indikator mati. Baru setelah itu mesin di ijinkan untuk dihidupkan. Menurut Bosch mobil diesel dulu membutuhkan waktu sekitar 21detik dan untuk mesin diesel modern hanya membutuhkan sekitar 6-8detik.

Setelah melewati fase pre-heating glowplug, kembali pada mesin diesel jaman dahulu saat mesin distart glowplug otomatis langsung di non-aktifkan oleh relay. Namun pada mesin diesel modern, biasanya glowplug tetap dihidupkan hingga 180detik, Tujuannya adalah untuk tetap menjaga temperatur mesin tetap pada suhu idealnya agar efisiensi pembakaran tidak turun dan emisi yang dihasilkan juga tetap ideal.

Namun bila mesin memang sudah panas, maka glowplug tidak lagi perlu di aktifkan saat supir ingin menghidupkan mesin Diesel.

7 thoughts on “Fungsi Glowplug pada mesin diesel

  1. Sudirman Razak says:

    Mohon pencerahannya,mitsubishi Fuso 6d17 glow plugnya rusak dan sdh mencari partnya, tpi belum dapat. pertanyaan saya ada alternatif lain untuk menyalakn mesin tanpa glow plug ???? makasih atas pencerahannya

  2. rafik says:

    olong pencerahannya para suhu , saya tergolong new bi..
    saya kaget ketika mengendarai mobil taft, tiba tiba lampu indikator glownya nyala trus indikator tempraturnya langsung naik, tp seketika itu juga ketika lampu indikator glownya mati turun lg tempraturnya, padahal water pum sama radiatornya normal ga ada masalah, itu kenapa ya……mohon pencerahannya..terimakasih…wasalam…

  3. Revan says:

    Om maaf pemula mau tanya letak timer otomatis busi pemanas kijang lgx diesel th 2000 disebelah mana ya, punya saya klo panasin pagi di jumper manual pake saklar. Trims

  4. aef saefudin says:

    Saya ingin bertanya terkait glowplug yang ada di kendaraan Ford Ranger tahun 2002, 2500 cc. Busi pemanas/glowplug nya sering rusak sehingga pada saat lampu yang ada di deskboard sudah mati,, saya starter mesinnya tidak mau hidup.
    Hal ini sering terjadi, kira-kiranya apa yang menyebabkan seperti ini.
    Contoh kejadian terakhir baru diganti 3 hari yang lalu, sekarang mesin sudah tidak mau hidup lagi.
    Mohon pencerahannya.
    Terima kasih atas tanggapannya.

Leave a comment