Cara Kerja Pompa Bensin dan Mengapa Indikator BBM Suka Ngaco

fuel_gauge_analog

Pernah mengalami kejadian dimana teman-teman baru mengisi penuh BBM Mobil / Motor namun jarum penunjuk tidak kunjung meningkat ke posisi F (FULL)? Yuk kita simak sendikit pembahasan dibawah ini.

Sebelum kita membahas lebih jauh, mungkin kita perlu tahu ada apa saja benda yang berada didalam tangki BBM kita dan mengapa tangki BBM yang bila kita tarik garis lurus berada dibawah mesin namun dapat membuat BBM naik ke dalam mesin?

electric_fuel_pump_module

Yup, benda inilah yang ada didalam tangki bensin kita yang bertugas membawa bensin dari tangki naik ke dalam mesin. POMPA BENSIN / FUEL PUMP adalah nama dari benda ini. Cara kerja dari benda ini adalah lewat arus listrik yang dialirkan dari accu ke ECU lalu ke POMPA bensin. Sehingga bensin dipompa dengan tekanan yang sudah di sesuaikan (setiap pabrik berbeda tekanannya) ke injektor mesin. Lalu ada beberapa kabel yang juga telah dialiri oleh arus listrik untuk menerima informasi dari pelampung bensin tersebut.

wiper2

Nah gambar diatas adalah gambar dari rangkaian potentio meter yang bekerja berdasarkan tahanan listrik. Sehingga lewat perbedaan tahanan dalam setiap elemen logam yang menempel menunjukan posisi bensin yang di terjemahkan lewat jarum di instrument cluster. Nah saat indikator di instrumen cluster ngaco, ngaco dalam hal ini misalnya adalah saat bensin sudah kita sudah isi full tank namun jarum tidak berada di titik tertinggi. Bisa jadi pelampung tersebutlah yang menjadi penyebab masalah mobil kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s