Cara Kerja Mesin Hybrid

Tidak dapat dipungkiri lagi, issue semakin menipisnya cadangan BBM di perut Bumi membuat para ilmuwan otomotif berlomba-lomba menciptakan mesin yang irit BBM tetapi tetap bertenaga. Akhirnya terciptalah mesin mobil perpaduan antara mesin bensin dengan mesin listrik. Ya, Hybrid adalah nama dari mesin ini. Mesin ini memiliki dua jenis mesin yaitu mesin konvensional (mesin bensin) yang ditambah oleh mesin listrik. Mesin kovensional bekerja saat mobil berjalan dalam kecepatan tinggi dan atau rpm tinggi, sambil menggunakan mesin kovensional ini, mesin juga men-charge batere pada mesin listrik. Sedangkan mesin listrik bekerja pada saat mobil sedang berhenti atau dalam kondisi rpm rendah (biasanya dalam kondisi macet). Mobil yang terkenal menggunakan mesin Hybrid adalah Toyota Prius. Prius sudah diciptakan oleh para ilmuwan sejak tahun 1997. Pabrikan Toyota mengklaim bahwa Toyota Prius dapat mengkonsumsi BBM sebanyak 1ltr untuk 35 km. Kalau dilihat dari segi konsumsi BBM memang jelas terlihat irit tetapi kalau kita lihat dari segi perawatan maka akan berbanding terbalik dari konsumsi BBM, hal ini dikarenakan spare part yang dibutuhkan tergolong jarang dan tidak banyak yang menggunakan mobil ini sehingga harga menjadi mahal.

UPDATE (9/10)

Banyak orang yang bertanya-tanya berapa harga mobil yang sangat ramah lingkungan ini. Mau tau berapa? 1M? salah. 1.2 M? salah juga… Yang benar adalah US$ 21725 atau bila di kurskan kedalam rupiah sekitar 210jt (9700/dollar). Murahkan? dibanding dengan mobil-mobil yang sekarang sudah seliweran di jalan. Tapi tunggu dulu, itu baru harga di negara asalnya Jepang. Bila sidah sampai di Indonesia ya sudah nggak segitu lagi. Melainkan menjadi 1/2 M… alias 500jt. Kaget? sama saya juga kaget sampai terheran-heran, mengapa alat transportasi yang sangat hi-tech dan ramah lingkungan ini menjadi mahal karena pajak bea dan cukainya. BAPAK PEMERINTAH, KENAPA BEA DAN CUKAINYA MAHAL BANGET…

Advertisements

5 thoughts on “Cara Kerja Mesin Hybrid

  1. willycar says:

    Salam Otomotif,

    Terima kasih sebelumnya untuk Bapak Taufik atas pertanyaannya. Harga satu unit Toyota Prius berada dikisaran harga US$ 21725 atau bila dikurskan ke dalam rupiah sekitar Rp. 21073500. Ironisnya mobil ini sampai di Indonesia dengan harga sekitar Rp. 500.000.000,-. Bapak tertarik? Memang bila di lihat konsumsi BBMnya, mobil ini dapat menjadi solusi cerdas masalah kelangkaan minyak Bumi. Tapi coba pikirkan faktor ketersediaan suku cadang dan harga suku cadang itu sendiri…

  2. bayu says:

    pemerintaah yg bodoh, malaysia saja sudah membebaskan pajak khusus untuk mobil hybrid yg ramah lingkungan. sehingga rakyatnya berlomba-lomba untuk membantu menekan angka subsidi BBM.

  3. YUDA says:

    demi kesadaran atas kondisi ekonomi dan kemampuan untuk berdikari, mari kita korbankan keinginan untuk naik mobil pribadi lebih dari 2000 cc, malu pada bangsa lain, karena orang kaya di negeri ini ternyata selalu mengagungkan modernisasi di negara lain, potensi anak bangsa yang bekerja di Jerman, Amerika, negara maju lainnya tidak ada yang mau mendukung hasil penelitiannya, kita sendiri punya pabrik mobil listrik MARLIP tidak ada yang mau tahu (jadi investor mau nggak omm kaya) , tangisilah nasibmu sebagai anak bangsa Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s