Menghadapi Rem Blong….

Tidak sedikit kecelakaan yang terjadi di jalan raya salah satu penyebabnya adalah karena perangkat rem yang blong (tidak berfungsi). perangakat rem yang blong dapat membahayakan jiwa si pengendara dan juga jiwa orang lain di sekitarnya, khususnya bila anda sedang dalam kecepatan tinggi di jalan TOL. Ada beberapa step/langkah yang harus anda lakukan untuk menghentikan laju kendaraan bila rem blong:

  1. Tarik parking brake dan jangan sampai penuh. CATATAN PENTING: Tarik parking brake secara perlahan, JANGAN tarik dengan mendadak karena dapat menyebabkan roda bagian belakang mengunci dan akibatnya kendaraan tidak dapat di kendalikan dan dapat terguling-guling.
  2. Bila anda sedang dalam jalan TOL, anda dapat meletakan roda sebelah kiri ke bagian rumput karena tindakan ini dapat menghambat laju kendaraan. Tapi bila sedang tidak dalam jalan TOL dan anda melihat jalan rusak di sebelah kiri, jangan ragu untuk menggunakan jalan rusak itu untuk mereduksi kecepatan kendaraan.
  3. Bagi anda menggunakan sepeda motor, lakukan engine brake. (4-3,3-2,2-1).
  4. Bagi anda menggunakan mobil yang bertransmisi manual lakukan juga engine brake (5-4,4-3,3-2,2-1).
  5. Bagi anda pengguna mobil automatic lakukan pula engine brake, walaupun melakukan engine brake pada mobil matic agak sedikit sulit. (D-2,2-1/L) tetapi anda beberapa mobil yang memiliki angka 3, bila ada anda dapat memindahkan ke posisi 3 baru ke 2 dst.
  6. Setelah kendaraan berhenti segera lakukan pengecekan dan perbaikan bila anda tidak mampu untuk memperbaikinya sendiri jangan ragu untuk meminta pertolongan orang lain atau hubungi bengkel langganan anda.
  7. YANG TERPENTING ADALAH JANGAN PANIK……..
Advertisements

One thought on “Menghadapi Rem Blong….

  1. krome says:

    harusnya tulisan seperti ini juga menjadi kewajiban pemerintah ya untuk memberikan jaminan keselamatan…..
    sayang pemerintah kurang peduli terhadap rakyatnya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s