Persiapan Mudik untuk Menghindari Hal-hal yang Tidak di Inginkan

Tidak terasa dalam hitungan hari kita akan memasuki hari raya Lebaran. Sesuai tradisi di Indonesia, setiap hari raya Lebaran pasti tidak akan lengkap bila tidak kembali ke kampung halaman bertemu dan melepas rindu bersama keluarga besar. Setiap tahun jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi semakin bertambah baik itu pengendara roda dua ataupun roda empat. Karena membludaknya jumlah pemudik akibatnya banyak terjadinya kecelakaan, baik itu yang di sebabkab oleh kelalaian sang pengemudi ataupun kerusakan komponen pada kendaraan. Berikut adalah cara-cara yang dapat di lakukan agar perjalanan anda semakin lancar, nyaman, dan aman.

  1. Periksa tekanan angin: Tekanan angin yang kurang akan membuat mobil terasa lebih berat dan itu akan membuat BBM lebih boros karena anda harus menginjak pedal gas lebih dalam lagi. Periksa tekanan angin bila kurang dari 40psi jangan ragu untuk menambahkan angin sampai 40psi, karena hal itu akan membuat mobil lebih ringan. Bila anda ingin lebih bagus ganti angin ban anda dengan angin Nitrogen (N2). Angin ini akan membuat BBM lebih irit sekitar 2%.
  2. Periksa oli-oli: Tidak dapat di pungkiri lagi kalau oli merupakan salah satu yang terpenting dalam komponen mesin. Oli bertugas untuk melumasi mesin, mencegah dari keausan (untuk lebih jelas ttg fungsi oli buka di “Fungsi Oli apa sih???”). Periksa oli dengan stik yang ada di dekat mesin. Bila posisi oli berada di garis low, jangan ragu untuk tambahkan atau bila sudah lebih dari tiga bulan jangan ragu untuk menggnati oli-nya. Sekedar saran, bila posisi odometer sudah lebih dari 50000km usahakan untuk mengganti seluruh oli seperti oli gardan, oli perseling, oli CVT (untuk mobil matic).
  3. Periksa posisi air accu, bila berada di posisi low tambahkan dengan air accu yang tutup botolnya berwarna biru. Sampai posisi “High” jangan lebih.
  4. Lakukan Tune up mesin. Lakukanlah tune up di bengkel-bengkel langganan anda. Periksa juga kadar gas yang di keluarkan oleh asap knalpot.
  5. Jangan paksakan diri anda bila sudah lelah. Maksimal berkendara 3 jam non stop, setelah itu lakukan istirahat

SELAMAT BERMUDIK, JANGAN UGAL-UGALAN DI JALAN. INGAT KELUARGA ANDA MENANTI DI RUMAH!!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s