Perawatan Kompresor AC agar bisa bertahan hingga 10 Tahun

Dizaman yang selalu di landa cuaca panas ini kehadiran AC (Air Conditioner) bak dewa penyelamat bagi para pengemudinya dan penumpangnya. Seharusnya kita berterima kasih kepada Bapak John Gorrie kelahiran tahun 1803 di Amerika Serikat. Coba anda bayangkan bila Mr. John ini tidak menciptakan AC. Mungkin anda harus selalu membawa handuk dan baju ganti setiap kali anda bepergian menggunakan mobil. Fungsi AC adalah menjadikan udara yang bersuhu panas menjadi udara bersuhu dingin, untuk menjadikan udara bersuhu dingin ini di butuhkan kompresor. Kompresor adalah alat dimana udara yang panas dapat berubah menjadi udara dingin. Tentu kita semua setuju bahwa di Dunia ini tidak ada yang abadi, termasuk kompresor ini. Tentunya kompresor memiliki umur, umur kompresor dapat menjadi sangat pendek bila kita tidak merawat komponen AC dengan benar. Umur kompresor bisa mencapai 10 tahun bila kita dapat merawatnya. Mau tahu bagaimana mencegah kerusakan kompresor pada AC mobil?

  1. Jangan ragu untuk selalu mengaktifkan peranti AC, sebab bila AC tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama maka oli pada bagian dalam kompresor akan berubah reaksinya dan dapat mempercepat umur kompresor.
  2. Cuci/servis AC minimal satu tahun sekali. Dengan membersihkan seluruh komponen AC maka kerja kerja kompresor tidak akan terlalu berat.
  3. Ganti saringan udara pada AC. Jangan ragu untuk mengganti saringan udara dalam komponen AC, sebab bila saringan udara kotor maka kerja kompresor menjadi berat dan akan mempercepat umur kompresor…

INGAT KENYAMANAN ADALAH KUNCI KESELAMATAN ANDA UNTUK MENCAPAI TUJUAN….

Advertisements

7 thoughts on “Perawatan Kompresor AC agar bisa bertahan hingga 10 Tahun

  1. fenda says:

    saya punya honda accord th ’82,comppressor ac di mobil saya jika dihidupkan mengeluarkan suara berisik.mungkin sudah lama tidak dipakai.apakah kompressor ini bisa dibetulkan?bagaimana caranya?tolong penjelasannya!terima kasih sebelumnya.

  2. Sabul says:

    Halo selamat sore… saya butuh penjelasan, saya punya Honda Accord 84, ACnya jika dihidupkan siang hari, lama sekali dinginnya dan udara di dalam mobil jadi panas dan gerah. Tapi jika AC dihidupkan malam hari, ACnya dingin sekali.. Mohon penjelasan apakah ada kelainan pada AC mobil saya atau bagaimana ?? Apa yang harus dilakukan ??
    Trims atas infonya…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s