Mobil di Bawah 120jtan. Karimun Estilo VS Proton Savvy VS Cherry QQ

dsc00052 proton-savvy cherry-qq2

Dizaman yang serba sulit ini, kehadiran mobil memang menjadi sangat diperlukan tetapi ditengah-tengah krisis financial global yang begitu mencekik leher membuat kehadiran mobil berkapasitas silinder (cc) besar menjadi kurang diminati oleh para calon pembelinya. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami mau memaparkan persaingan mobil ber-cc kecil atau dibawah 1300 yang semakin diminati masyarakat luas khususnya di Jakarta yang semakin macet ini.

Karimun Estilo

Karimun merupakan pelopor mobil city car di Indonesia. karimun diproduksi sekitar tahun 1999 dan baru mengalami peremajaan pada tahun 2007 yang diberi nama Karimun Estilo. Karimun Estilo jelas memiliki kelebihan dibanding Karimun versi terdahulunya. Karimun Estilo telah dipersenjatai dengan mesin 1100cc, 4 silinder segaris, 16 valve, SOHC(Single Overheat Camshaft), microprocessor 32bit, sistem karburator telah diganti dengan sistem injeksi dengan ECU (Electronic Control Unit), dan telah lulus EURO 2. Dengan teknologi ini Karimun Estilo dapat menghasilkan tenaga sebesar 65PS. Memang luaran tenaga tidak terlalu besar tetapi hal ini mengakibatkan konsumsi BBM menjadi sangat irit yaitu sekitar 1:18. Harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal, hanya sekitar 97jtan.

Proton SAVVY

Mobil yang dilahirkan di Malaysia ini dipersenjatai oleh mesin dari pabrikan sport car di Inggris yaitu Lotus. Mobil ini dipersenjatai oleh mesin Lotus dengan isi silinder 1200cc, sistem suplai BBM Injeksi terkomputerisasi (ECU), 4 silinder segaris, 16valve, dan mobil ini mampu melesat hingga kecepatan 170km/h dengan stabil. Pihak Proton mengklaim bahwa mobil ini adalah mobil tercepat dikelasnya. mobil ini dibanderol sekitar 110jtan.

Cherry QQ

Mobil asal negeri Panda ini memang belum terlalu dikenal dalam masyarakat Indonesia. Mobil yang kehadirannya di Indonesia ini di gawangi oleh Indomobil ini mempunya dimensi yang sangat kecil yaitu dengan panjang 3.558 mm Lebar keseluruhan : 1.508 mm Tinggi keseluruhan : 1.488 mm. Dibalik dapur pacu mobil ini telah di sesaki oleh mesin berkapasitas silinder 812 cc. DOHC 12 Valve 3 cylinder, sistem suplai BBM sudah menggunakan teknologi MPI (Multi Point Injection), dengan berat kosong hanya 885kg dan kecepatan maksimum sekitar 140km/h. Namun karena orang Indonesia setiap ingin membeli mobil lebih mementingkan brand image maka, Cherry QQ tidak terlalu terkenal. Harga yang ditawarkan memang sangat kompetitif yaitu hanya sekitar 80jtan.

Advertisements

50 thoughts on “Mobil di Bawah 120jtan. Karimun Estilo VS Proton Savvy VS Cherry QQ

    • willycar says:

      Salam otomotif,

      Maaf Bro Idan, yang kami tahu Proton selalu menggunakan mesin Lotus. Hasil ini merupakan kerjasama yang dilakukan dari Proton yang berasal dari Malaysia dengan Lotus pabrikan asal Inggris…
      Kalau memang Bro Idan ada fakta-fakta yang menyatakan hal tersebut, boleh dipost disini. Agar semua para pembaca bisa jelas…. Thanks…

  1. MUHAMMAD FAUZI says:

    Di RUmah SAya ADA mobIL PROTO sama karimun estillo,,
    alhamdulillah ADA DUA2nya,,,
    kARIMun dengan harga lebih mahal dari proton,KNpa YA FITUR2 DI DALAM KAbin mobil lebih BGus proton,,
    TNaganya lebih BGUS pula,,
    papah SAYA BELI Proton DI SLIPI pas HARGA 115 JT,,tWS PAPAH sayA BELi kARIMun di SUKABUMI,harganya 121 jt,,
    hMMM

    • willycar says:

      Biasa BOSS, klo produsen otomotif ada yg baru masuk ke wilayah yang blm pernah ia masukkin pasti bakal banting harga. Hal itu wajar dilakukan untuk merebut market share perusahaan lain….. hehhe….

  2. Andy says:

    Proton bukan menggunakan mesin Lotus, tapi mesin Campro hasil produksi pabrik Proton sendiri (pada mobil gen2, persona, waja, neo, saga, & the upcoming MPV).

    Generasi sebelumnya (mis. Wira yg banyak jd taxi) menggunakan mesin Mitsubishi. Sedangkan khusus pada Savvy menggunakan mesin yg sama dengan Renault Clio, memang dibeli gelondongan mesinnya dari Renault. Untuk Savvy AMT, Proton melakukan modifikasi pada gearbox MT supaya bisa digunakan ‘seperti’ matic.

    Yang dipergunakan dari Lotus bukan mesinnya, tapi teknologi ‘ride & handling’-nya, yang membuat mobil Proton lebih stabil di tikungan dan di kecepatan tinggi.

    • willycar says:

      Naik donk BOSS…. Klo ga kuat di dorong aja 😀

      Peace….

      Tapi kuat kok BOSS…. Asalkan mobilnya dalam perawatan yg baik, semua mobil pasti kuat naik ke Puncak…. 😀

    • rio says:

      kuat kok asal mesinya sehat saya pengguna CHERY QQ 800cc dari jakarta – cilacap enak enak aja di jalan toll 140km/h mau juga suspensinya juga enak tapi kalau pake AC cuman bisa ampe 110km/h hehe maklum mesin 800cc .

    • sukir says:

      Hallo sandy , saya pakai cherry QQ 800cc, tancap gas dijalan tol sampaio 140 km mobil masih stabil dan mantap untuk tanjakan tidak ada masalah tetap ringan dan akselerasi tetap spontan , cabin dalam nyaman dan longgar …..bbm irit ,,,,,,cocok jadi city car parkir mudaah salip mobil lain lebih pede ….. tenaga spontan…..

  3. aris says:

    gw mau beli cherry qq, mobil cherry qq ada matic nya gak yah?? harga nya brapa? DP n cicilannya brpa? asuransi mana? leasing nya?

    • willycar says:

      Klo yang saya tau.. QQ ga keluarin matic BOSS…. 😀

      Klo harga saya blm tau BOSS… Karena bebrapa bulan kmrn ada kenaikan harga mobil di hampir setiap produsen mobil.. 😀

  4. Randi Utama says:

    salam otomotif..

    saya punya proton savvy wrna abu-abu thn 2008, dan menjadi satu-satunya savvy yg dimodifikasi dipekanbaru, mnggunakan velg 17″ dibalut ban accelera 40, sound system, bola lampu HID, full led lamp, menjadi unik dan beda..sehinnga savvy saya tdk dipandang sebelah mata lg sekarang, buat yg punya savvy mudah kok untuk memodifikasi, head unit standart jg bsa diganti..

  5. Luki says:

    gw kok naksir proton saga yaa… bingung juga nih, kayaknya saga paling sedikit dibeli pribadi, tapi gw suka bentuknya.. comment? bbm berapa ya konsumsinya?

  6. fauzi says:

    tergelitik ikut komen juga. yg diuraikan bro andy benar. mo nambahin saja. kebetulan saya pernah ada garap project malaysia shg tnggl disana 4 bln, di malay itu savvy tdk mendpt respon yg bagus dri market dlm negerinya sndiri. mereka lbh milih persona,gen2,satria,waja dan yg baru exora. klo kta rekan2 saya dimalay savvy banyak kekurangannya. oleh krn itu oleh proton malay dialihkan utk pasar export ke indo,thailand,vietnam dsb.

  7. ULAN says:

    Iseng2 beli Chery QQ bekas, tahun 2008 untuk belajar istri. Dari Jakarta saya bawa ke Jawa Tengah, tadinya kuatir juga, dalam pikiran saya mobil 1000 cc aja ngos2an dia jalan tol. Ternyata Chery QQ diluar dugaan, saya bisa jalan ikut kendaraan lain disebelah kanan karena Chery QQ bisa mencapai kecepatan 120km/jam dengan mudah (kalo mau sih masih bisa lebih). Suspensinya juga bagus, nggak terlalu repot dijalan gelombang. BBM saya pake premium 1 Liter untuk 17,7 km tapi kalo jalannya nggak laik turun kayanya bisa 1:20, harganya murah, kualitas ok juga kok, spare part banyak di Jl. Danau Sunter, kalo beli mobil lain yg sekelas paling dapet tahun 2000 s/d 2004, kalo ini kan bisa dapet tahun 2008, kondisi masih seperti baru lah. Kalo sekarang tahun 2010 mesinnya sudah 1.1 L dan sudah ada yg matic. Saya dapet warna kuning, lucu bentuk mobilnya – tapi enak untuk dilihat – cocok untuk pemula, ibu antar jemput sekolah anak, anak abg, bisa juga dipake Bapak berdasi. Teknologinya juga sudah yg terbaru, hasil gas buangnya sudah ramah lingkungan (memakai catalystic converter), Tanjakan jalan tol Purwakarta ok banget, nggak perlu bersabar – tancap aja di gigi 3 rpm 5000, nggak terasa nanjak terus aja ngacir, silahkan mencoba.

  8. kangasan says:

    Gw pake proton savvy hampir 3 tahun, itu mobil bikin gw gak mau lepas, udah gw bawa ke bali n lombok, selama perjalanan dan di bali gw nggak ngerasa yg aneh2. Termasuk satu minggu gw di bali, dan 4 bulan kemudian gw dapet job di jateng selam seminggu jg gw tetep pake savvy. Untung 5 hari sebelum meletus merapi gw udah balik jakarta. Kalo masih di jogja savvy gw pasti kena debu

    • sahrun.nasir says:

      Utk mesin g cpt pnas y gan kl d bawak kluar kota gt,kyk radiator it g cpt tekor ta,kelebihan dan k kurangan savvy dmn biasany gan kl d bnding mobil japan?

  9. lorenzo says:

    memang bukan cuma cerita saya udah buktikan proton savvy dapet lari 170km/h dites di tol cipularang bahkan ditikungan stabil dengan kondisi lari 160 km/h handling nya super mantap gunakan selalu bensin beroktan diatas 92 supaya kerja mesin maksimal, awalnya cuma iseng tapi lama lama jadi seneng, oh iya saya gunakan savvy AMT jadi kalo ada yg bilang AMT ga bisa ngacir di toll atw di puncak berarti belum satu hati dengan karekter AMT harus menambah jam berkendara, hehehe.. sekian tengkyu

  10. ridzal says:

    Karena saya merantau di negri Jiran, dan butuh kendaraan hmmm dan budget pas2an, cuma sekitar 50jt an (20rb Ringgit) cari iklan mobkas di malay yg masuk budget cuma savvy ato hyundai atos (sayang yg klo atos dpt yg sudah uzur 2004<) klo Savvy masih masuk range karena bekasnya di sini murah banget (16 – 20 K) tergantung kondisi. Kebetulan saya dapet yang tahun 2007 (4 tahun) dan KM 33K , masih jauh dari servis besar (curiganya pasti mobil pernah nabrak x). Yah ok banget, cukup irit dan bertenaga walau transmisinya ga semulus automatic hidrolik macam mobil laen, krn AMT teknologinya pindah transmisi msh terasa spt bus tingkat gitu, dan perpindahan giginya bisa diatur mulus spt joystick. Savvy worth for value walo oleh bangsa malaysia sendiri tidak dicintai krn saya rasa spt tabung gas konversi dimana mobil ini dipake kalangan pemula krn cukup murah tp tidak tau teknologi AMT dianggap spt matic biasa (kadang saya liat di forum mrk komplain tidak bisa masuk D klo dah di N kan) padahal harus injak rem syarat untuk masuk D dari posisi N berenti. Krn ketidak tahuan mrk anggap rusak. he he he……

  11. vicz says:

    agan2 mao nanya nich…
    mobil dengan mesin renault lebih bagus atau mesin lotus??
    mohon dijelaskan detail agan2 sekalian…
    terima kasih….

  12. yayan says:

    Chery QQ 2007, sudah beberapa tahun pake ni mobil, pertamanya sih emang ragu, namun belakangan nggak mau ngejual bro. coz bensin iritnya minta ammpppppiiiiiiiiiiiiiiuuuuuuuuuuuuuunnnnn dech, sparepartnya mmmmmmmuuuuuuuurrrrrrrrrraaaaaaaahhhhhhh bbbbbbbbuuuuuuuuuuuuaaaaaaanggeeeeet, pelayanan servis 24 jamnya memuaskan dengan harga yang sangat murah. lincah & gesit lagi. jadi tambah sayang ni sama Chery QQ.

  13. setyosabdono says:

    Kalo saya pakai proton SAGA tahun 2009, gila nih mobil sudah enak gini, lengkap sensor pakir, air bag, nyaman, elegan. buat lari tarikan enteng, buat kebut-kebutan nyaman. jadi jangan ragu beli mobil proton… asyik kok… dengan uang cekak, kita bisa menikmati mobil mewah harga murah..

    Salut buat malaysia yang sudah maju kayak gini,, kapan indonesia bisa ?

    tks – Setyo

  14. Nikuwanduv says:

    Wah,kapan ya mobil sebagus Savvy dengan harga 75-80 juta dan baru di Indonesia, aku mau ambil nih. Budget ku hanya bisa ambil yg segituan. He he

  15. Ella says:

    Salam otomotif,
    Bagaimana merawat CHERY QQ? Saya baru beli dan ingin merawat dengan baik. dapat tarik sampe berapa km? 150 bisa, kah?

  16. riza says:

    Saya Baru beli Savvy AMT second thn 2007 harga 57 jt, km 55 k , pertama saya curiga kok jauh dibawah harga pasaran ya ( di iklan kebanyakan paling rendah 75 jt nego). Ternyata dia hanya menghindari penggantian TimingBelt. Wah untung banyak nih saya. Sampai sekarang saya pakai tidak masalah. Tampilan depan seperti Range Rover . He…he…he

  17. cont.. says:

    Nih… proton customer complain lainnya….:

    Rizal Saya juga mau numpang keluh kesah nih sedikit tapi no offence yah. buat share aja.

    1. Ndut-ndutan sering terjadi apalagi kalau re-start mesin buru-buru pas lagi mati mendadak maka gigi 2 akan langsung ndut2an parah. Selama ini masih bisa saya akali dengan berhenti dulu beberapa saat dan matikan mesin full baru di restart kembali. Walau bisa diakali tapi sering mengganggu juga.

    2. Power loss dan mesin bergetar hebat klo di tanjakan bila sedikit saja kurang pas memilih gigi (gigi lebih tinggi). Berlaku untuk semua tanjakan.

    3. Persneling kurang halus, walau tidak dalam tanjakan tetapi bila salah memilih gigi (lebih tinggi tapi jalan pelan) maka mesin bergetar hebat. Problem spt ini ga pernah terjadi dengan mobil2 lain yang pernah saya punya atau bawa.

    4. Penyangga rack belakang mudah patah, punya saya yang sebelah kiri sudah patah ga jelas kenapa padahal ga ada benda berat yang di taruh di belakang. Jadi sekarang hanya bergantung pada tali saja.

    5. Tarikan AC luar biasa berat. setiap AC mati dan hidup bikin mobil jadi serasa ndut2an.

    6. Mobil tidak pernah enak diajak jalan pelan dan macet2an, mesin bergetar setiap stop & go apalagi klo lagi panas terik siang bolong. Saya hanya merasa savvy enaknya cuman kalau dibawa kenceng dan kebut2an atau keluar kota.

    7. Walau pake premium tapi saya merasa konsumsi dalkot sungguh sangat mengecewakan, antara 1-8 s/d 1-10. Tapi kalau keluar kota bisa 1:15 aneh??

    8. Power window kiri macet sampe sekarang.

    9. Terakhir klaim asuransi untuk kaki2 depan lamanya bukan main hampir sebulan. Harusnya ready stock dong kan savvy di indo sudah dari tahun 2007 kenapa spare part masih harus indent?? tanya kenapa??

    Nyesel aku pake proton…

  18. yayan m says:

    ane juga pake cherry gan………..alhamdulilah baik-baik aja tuh……..penampilan ok..bahan bakar irit…..sperpart banyak harga terjangkau lagi..

  19. sri says:

    hadeuuhh jadi bingung,,savvy bagus gk siy,,,saya mau beli niy,,perawtannya susah gk ..?di bawa ke garut bisa gk yah,,secara rumah gung,,, di gunsaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s