Konstruksi dan Kode Standard Helm

helm

Helm merupakan salah satu peranti yang wajib dikenakan oleh para bikers saat sedang riding. Namun tahukan anda konstruksi dan kode-kode yang terdapat dalam helm anda??? Secara umum terdapat 4 komponen penting yang terdapat dalam konstruksi helm. Pada bagian luar terdapat lapisan penyerap benturan yaitu EPS (Expanded Polystyrene), lapisan nilon, dan lapisan kulit. Lapisan pertama merupakan lapisan yang pertama kali meyentuh objek benturan, maka dari itu bahan yang digunakan harus kuat dan kokoh. Biasanya terbuat dari polycarbonate, resin polyster, fiberglass, atau kevlar. Untuk bahan polycarbonate paling kuat dapat bertahan hingga 12 tahun, sisanya dapat bertahan hingga dua kali lipat. Kerangka helm merupakan bahan keras dan berat dari seluruh bagian helm. Beratnya bisa mencapai 1-1.5 KG. Lapisan kedua biasa di sebut EPS yang terbuat dari bahan plastik foam. Menurut hasil penelitian, bahan ini adalah bahan yang paling banyak menyerap energi akibat benturan. Bobotnya sekitar 0.8KG dengan ketebalan sekitar 3 cm. Helm yang berkualitas adalah helm yang juga memiliki ventilasi udara. Selain untuk kenyamanan kepala, ventilasi udara juga digunakan untuk penahan getaran saat udara menekan kepala.

Kode standard pada helm hanya tertera pada helm Full face, karena hanya helm Full Facelah yang dipakai untuk balapan. Setiap negara memiliki kode standardnya masing-masing. Seperti, ECE 22-03 untuk Benua Eropa, BS 66 50 Grade A adalah standarisasi negara Inggris, AS 1689 untuk helm keluaran Australia, JIS untuk kode Jepang, (NF) S.72.305 untuk negara Perancis, DOT adalah standard dari Amerika, dan untuk Indonesia dipakai Standard SII (Standard Industri Indonesia)

Advertisements

5 thoughts on “Konstruksi dan Kode Standard Helm

  1. harley ridwan says:

    Mas, kalo helm berbahan ABS, lebih kuat mana ama yg bahan nya Polycarbonate?, kalo bahan ABS itu bahan helm paling rendah ya?, terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s