NOS…. (Nitrous Oxide System)….

NOS LS2 No Spray Bar Nitrous Plate System

NOS…. Atau singkatan dari Nitrous Oxide System merupakan suatu senyawa gas yang tersiri atas dua bagian Nitrogen  dan satu bagian Oksigen. Kandungan Oksigen yang dimiliki NOS adalah 36% dari total berat NOS itu sendiri.

Didalam ruang bakar, Nitrous Oxide memisahkan diri menjadi Nitrogen dan Oksigen. Jika bercampur dengan bahan bakar, Oksigen akan membantu pembakaran. Pada tekanan tinggi, sekitar 800psi, Nitrous Oxide berbentuk cairan. Botol dan tabung yang menampungnya tentu harus cukup kuat. Jika katup tabung tidak bekerja dengan baik, cairan akan merembes keluardan langsung berubah menjadi gas lagi.Mitros Oxide sangat peka terhadap perubahan panas. Pada saat bertekanan menjadi sangat membahayakan. Jika terkena anggota tubuh, maka anggota tubuh akan beku dan putus. Hal ini lazim disebut frost bite, yaitu hal yang sering dialami para pendaki gunung pada ketinggian 5000km diatas permukaan laut.

Jika semburan gas mengarah sumber api, akan tercipta kombinasi pendinginan dan tekanan gas oksigen yang ideal untuk pembakaran, sehingga terjadi letupan. Efek pendinginan ini diperoleh dari penyerapan panas untuk menguapkan cairan Nitrous Oxide. Tetapi kondisi ini tidak mudah terjadi. Gas ini bukan bahan bakar dan tidak akan terbakar dengan sendirinya. Untuk membakarnya diperlukan sumber api. Hal inilah yang menyebabkan legal digunakan untuk kendaraan bermotor. Pada mesin, aliran gas ini biasa dikontrol oleh katup solenoid. Pasokan bahan bakar juga harus diperbanyak, gar tidak terjadi pembakaran miskin dan terjadi overheating. Dampaknya adalah piston menjadi meleleh.

Selain memasok oksigen tambahan ada keuntungan lain bila menggunakan alat yang telah lama dikenal oleh kalangan otomotif ini. Dalam keadaan cair dan gas, volume NOS ini sangat minim. Sehingga tidak mengganggu aliran udara dan BBM yang masuk melalui intake manifold. Tetapi di dalam ruang bakar, NOS akan mengembang. Kompresi dan energi akan tercipta jauh lebih tinggi. Hasil akhir, jumlah bahan bakar yang dibakar akan bisa lebih banyak dan tenaga mesinpun bertambah. Keuntungan lain, gejala detonasi dan overheating dapat dikurangi. Ini berkat campuran bahan bakar, udara, dan NOS. yang masuk ke dalam ruang bakar jauh lebih dingin. Sifat inilah yang tidak dapat kita peroleh bila menggunakan sistem pemampat udara TURBO

Advertisements

26 thoughts on “NOS…. (Nitrous Oxide System)….

  1. boms .. says:

    wadooh .. pengen banget ni pk nos tapi rada2 ngeri, kalo misalnya mobil kita pake nos membahayakan tidak jika kita berada di dalam lalu membakar rokok ( merokok ) ..?? trims ..

    • willycar says:

      Salam otomotif,

      Salam kenal Bro boms…. Tidak menjadi masalah BOSS…. Asalkan tabung NOSnya ga bocor….. Hehehe…. Klo bocor, bisa meledak mobilnya (kaya film fast n furious 4)… Hehehe……

  2. cryptolover says:

    dulu pernah liat ada motor pake tabung NOS,
    tapi kok anehnya botol NoS tersebut isinya diminum…
    kirain NoS beneran, gak taunya botol minum dikasih stiker NoS…
    kupret…
    ketipu Dueh…!

  3. ilma says:

    kak klo pke nos itu ada tipe2nya ap ga’ yaaa

    misalnya kan ada tingkat sedang, menengah trus tingkat atas.

    apakah ada tipe2nya gitu

    NB: KK kk ada facebooj ga’………?

  4. ilma says:

    kak klo pke nos itu ada tipe2nya ap ga’ yaaa

    misalnya kan ada tingkat sedang, menengah trus tingkat atas.

    apakah ada tipe2nya gitu

    NB: KK kk ada facebook ga’………?

  5. Denny Kademangan says:

    bos kalo misal mau pasng nos di motor apa aja sh yg perlu di rubah, dari perangktnya sendiri apa aja yg diperlukan dan gimana cara meyeting kebutuhan nos yg harus di sesuaikan dengan kapasitas silinder itu sendiri. kalo untuk ukuran botolnya sendiri paling kecil tuh kapasitas berapa

  6. gilaroda2 says:

    NOS itu klo ga salah nitrous oxide alias gas ketawa ato N2O secara kimia, banyak yg jual kok, karena dipake juga untuk medis… klo mau googling aja dgn keyword “jual N2O”, pasti banyak tuh yg jual…. imo loh…cmiiw…

  7. Kiie SMotth says:

    Minta no HP nya broo saya lgi nyari” NOS nih bwt di mobil angkot balap saya..ya Biar Kecepatan Meningkat aja Klo Lawan Mobil” Pribadi kaya “JAZZ,YARIS,STARLET,DATSUN,CIVIC” 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s