Mencegah ngantuk saat nyetir jarak jauh

Beberapa saya melakukan perjalanan yang cukup jauh yaitu Jakarta – Bandung, walaupun bagi sebagian orang perjalanan Jakarta – Bandung adalah jarak yang cukup dekat, namun bagi saya yang sangat mudah mengantuk saat harus nyetir di TOL hal ini membuat menjadi sangat berbahaya. Mungkin karena nyetir di TOL dengan kondisi jalan yang lancar, membuat saat menyetir kegiatan kita tidak terlalu banyak dan tingkat kewaspadaan tidak seperti jalan dalam kota yang hiruk pikuk.

Nah untuk menghilangkan rasa ngantuk tersebut, belum lagi rasa ngantuk juga dapat di dukung apabila seluruh orang dalam mobil juga tertidur selama perjalanan. 😀

  1. Jangan lupa untuk istirahat yg cukup sebelum melakukan perjalanan yang jauh.
  2. Sebelum berangkat, jangan lupa siapkan air minum yang di letakan semudah mungkin untuk di jangkau dengan tangan sendiri dan siapkan. Selain itu siapkan juga lagu – lagu yang dengan mudah dapat kita ikuti lirik lagunya.
  3. Apabila dalam perjalanan memang rasa ngantuk itu sudah datang, segera minum air yang sudah di siapkan tadi. Biasanya setelah minum, kita dapat kembali segar.
  4. Namun, bila beberapa saat masih ngantuk juga. Langsung pasang lagu yang di siapkan tadi dan ikut terus bernyanyi sesuai lagu yang di putar. Dijamin, tidak akan mengantuk sampai tempat tujuan. Mau tahu mengapa bisa begitu???

Karena, disaat kita mulai bernyanyi maka saraf-saraf dalam otak dan otot – otot menjadi kembali bekerja yang tadinya saraf – saraf tadi hanya diam tidak bergerak. Selain itu otak juga ikut beraktivitas kembali untuk melantunkan lagu yang diputar. Sehingga, rasa ngantuk tersebut tidak lagi melanda dan kita dapat sampai tujuan dengan selamat. Tetapi jangan lupa, setelah itu langsung minum banyak air karena tenggorakan kita akan kering karena bernyanyi terus…. 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s