TURBO dan SUPERCHARGER + Harga

Kepada teman-teman yang setia membaca tentang ulasan kami. Follow twitter kami @willycarcom untuk mendapat info-info tentang otomotif yang lebih banyak lagi. Banyak baca, banyak tahu, menjadi pengendara yang lebih cerdas. 😉

Banyak diantar kita yang tidak puas dengan performa mesin standard bawaan pabrik. Tidak sedikit juga para pemilik mobil yang mengaplikasikan berbagai peranti yang dapat mendongkrak performa kendaraannya. Apakah anda pernah berpikir untuk mengaplikasikan TURBO atau SUPERCHARGER pada mesin kendaraan? Bila ya, sebaiknya anda membaca tulisan di bawah ini.

Pada dasarnya sistem kerja TURBO dan SUPERCHARGER tidak berbeda jauh, yaitu membuat bypass bagi udara untuk masuk kedalam ruang mesin. TURBO terbagi menjadi 2 jenis yaitu TURBO KIT  dan TURBO BOLT ON. Mari kita bahas terlebih dahulu TURBO KIT. Turbo kit yaitu perangkat Turbo yang lebih praktis yaitu tinggal pasang karena biasanya jenis Turbo ini sudah di set dari pabriknya untuk mobil tertentu misalnya hanya untuk H. Jazz. Namun jenis Turbo ini peningkatan HP-nya lebih kecil dari Bolt On tetapi dibalik itu harga Turbo kit lebih murah dari Bolt On. Turbo Bolt On yaitu jenis turbo yang harus di set ulang oleh sang teknisi agar memperoleh hasil yang maksimal, bahkan peningkatan tenaga bisa mencapai 2 kali lipat. Namun untuk mendapat hasil itu anda harus pintar-pintar memilih teknisi yang handal dalam men-set turbo tersebut, harga Turbo Bolt On lebih mahal dari Turbo KIT jadi bila anda ingin mengaplikasikan Turbo pada mobil anda bila hanya untuk harian disarankan untuk menggunakan Turbo KIT saja. Dengan mengaplikasikan Turbo (jenis apa saja) pada mobil anda pastikan untuk menurunkan dahulu kompresi pada mobil karena saat Turbo aktif kompresi dapat meningkat 2 kali lipat, Karena meningkatnya kompresi disarankan untuk menambah Trubo intercooler agar mesin tidak cepat over heat. Turbo aktif biasanya saat melewati 25oorpm maka itu sering terjadi Turbo lag yaitu suatu keadaan dimana anda merasakan hentakan yang dahsyat. Harus diperhatikan juga pemilihan jenis BBM karena meningkatnya kompresi jumlah oktan juga harus di tingkatan. Bila anda sudah mengaplikasikan perangkat diatas kami sarankan anda tidak mengkocok gas atau menginjak pedal gas secara kasar yaitu injak lepas dengan ritme yang cepat.

SUPERCHARGER pada dasarnya sama dengan TURBO yaitu alat untuk bypass bagi udara untuk masuk ke ruang mesin. SUPERCHARGER kemampuannya tidak seperti TURBO yang begitu dahsyat, supercharger memiliki tenaga yang lebih kecil maka dari itu harga supercharger lebih murah ketimbang turbo. Supercharger bekerja sejak putaran mesin idle.

Kami sarankan berpikirlah sebijak mungkin bila anda ingin mengaplikasi perangkat diatas pada mobil anda bila mobil tersebut hanya untuk harian, mengingat harga BBM yang semakin mahal dan konsumsi BBM menjadi meningkat jauh, belum lagi bila mesin anda jebol atau over heat maka anda harus mengeluarkan dana lebih banyak untuk biaya perbaikan. Lain cerita bila mobil tersebut dikhususkan untuk kompetisi balap.

Advertisements

49 thoughts on “TURBO dan SUPERCHARGER + Harga

  1. awi says:

    bs nggak pasang turbo pd vitara 93?
    satu lg per? ku mesin efi apa yg cocok untk vitara tnpa ada perubahan ruang mesin (dudukn mesin sama)???

  2. faldy says:

    mobil ane camry v3.0 walau mesin cc nya 3000cc tapi agak berat gan 0-100 aja 8detik doang, topspeed nya 230 kmh nah ane pen nambah akselerasi kalo pake turbo gitu yang bagus pake apa ya gan, terus saranin dong cara pengapian mesin biar lebih ngacir gan.. kalo akselerasi lebih enteng supercharged apa turbo gan?

  3. Reza manjo says:

    Hati2 bro,g’ pke turbo aja udah bnyk yg meninggl di jalanan,,pa lg pakek turbo..heran awak,,,da jln kecil,orang rami,pake sepeda aje,hemat n sehat..

  4. sandy says:

    om, mau nanya…boil saya daihatsu hijet 1000…apakah bisa pake turbo atau supercharger?tolong infonya ya…makasih

  5. dwi says:

    mohon infonnya,,,,, saya punya crown 1976,sebaiknya pake turbo aja ato supercharge aja ya????soalnya mobilnya pake harian,dan mesin masih standar 2600cc……di tunggu infonya

  6. dwi says:

    mohon infonnya,,,,, saya punya crown 1976,sebaiknya pake turbo aja ato supercharge aja ya????soalnya mobilnya pake harian,dan mesin masih standar 2600cc……di tunggu infonya

  7. srutupz says:

    bos,,mau tnya klo buat yaris trd 2012 bagusnya pke turbo kit pa turbo bold on??????? mesin masih standart 1500cc….. d.tggu infonya….

  8. dumas09 says:

    Klo untuk lancer Evolution 10 cocoknya pakai apa? Turbo ato supercharger?
    Sama Nissan GTR Nismo…
    Saya bingung kedua mobil saya mau di pasang yg mmana

  9. dumas09 says:

    Gan klo untuk lancer Evolution 10 cocoknya pakai apa? Turbo ato supercharger?
    Sama Nissan GTR Nismo…
    Saya bingung kedua mobil saya mau di pasang yg mmana

    • Sarwana Ardiansyah says:

      sebenernya gan speed / masa yang di hasilkan sama sajah , Tetapi lebih efisien memakai Supercharger dari pada turbocharger karna cara kerja super charger menggunakan CRANKSAFT / Poros engkol beda dengan Turbocharger yang menggunakan sisa asap buang hasil pembakaran dari silinder, karna jika memakai Turbocharger lebih sering LAG klo memakai Supercharger Tidak LAG sama sekali tapi kekurangan yang di hasilkan oleh Supercharger boros bahan bakar klo Turbocharger tidak boros bahan bakar , Tetapi menurut ane lebih baik pake Supercharger karna keun tunganya banyak dari pada kekurangan..

  10. Sarwana Ardiansyah says:

    Berhubung saya SMK jurusan OTOMOTIF jadi saya tau sistem Turbocharger ,saya ingin berbagi ilmu dengan agan semua : Turbocharger bekerja menggunakan Asap sisa hasil pembakaran / gas buang knalpot ,kan di dalam cara kerja turbocharger Harus memakai Intercooler fungsinya agar suhu udara yang masuk ke Silinder tetap segar.. Terus juga turbo biasanya selalu LAG tidak bekerja optimal.. beda dengan Twin turbo dan Supercharger , Twin turbo bekerja seperti turbo tetapi lebih optimal / tidak LAG , karena ada 2 Turbocharger yang bekerja..Turbo yang 1 fungsinya Tenaga bekerja untuk semua RPM dan Turbo yang ke 2 bekerja di RPM tertentu dan biasanya di pakai di Blok silinder V Dan untuk Supercharger dia bekerja melalui Cranksaft / Poros engkol dalam tenaga yang di hasilkan oleh Supercharger sebenernya lebih efisien Supercharger dari pada Turbocharger , karna supercharger bekerja melalui cranksaft bukan udara sisa pembakaran yang di gunakan oleh Turbocharger… Dan keunggulan supercharger tidak terjadi LAG sama sekali beda dengan turbo charger yang sering LAG… kekurangan yang di timbulkan Supercharger adalah bahan bakar boros jika di lihat dalam segi ini lebih baik Turbocharger yang tidak boros Dan biasa nya pemakaian Supercharger mobil-mobil Sport kelas atas seperti PaganiZonda sport DLL,, itu sajah dari saya pembahasan tentangperbedaan dan cara kerja dari TURBOC HARGER ,TWINTURBO dan SUPERCHARGER… semoga ilmu yg saya berikan bermanfaat bagi anda.

  11. jono sotoy says:

    yang mobilnya suzuki carry, toyota rush, ertiga, L300…
    mending uangnya ditabung buat ganti mobil yg cocok…

    karena jika menggunakan turbo di mobil yg seperti diatas toh seperti tidak ada gunanya…
    pergunakanlah uang dengan bijak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s