Menghilangkan Strees Saat Menghadapi Kemacetan

Hampir semua dari kita akan mengalami rasa strees bila dikejar-kejar waktu untuk presentasi atau meeting penting misalnya tetapi dijalan anda terjebak oleh kemacetan yang semrawut. Keadaan seperti itu pasti membuat anda strees berat apalagi kalau BOSS atau orang yang menunggu anda terkesan galak. Tetapi keadaan itu tidak akan anda rasakan lagi karena ada beberapa cara-cara simple yang dapat anda lakukan agar bila menghadapi situasi itu anda tidak mengalami strees itu.

  1. Telponlah orang yang menunggu anda dan beritahu kepadanya kalalu anda sedang terjebak macet dan beritahu juga posisi anda. Hal tersebut anda lakukan agar orang yang menunggu anda dapat mengerti dan dengan melakukan hal itu anda telah memperlihatkan keprofesionalitasan anda dalam hal pekerjaan.
  2. Lakukanlah pernapasan 478. Artinya tarik napas pada hitungan 4,5,6 pada hitungan 7 tahan napas dan pada hitungan 8 buang. Lakukan hal itu beberapa kali agar badan terasa lebih relax.
  3. Pada saat kemacetan gunakanlah salah satu tangan anda dan peganglah dahi anda tetapi jangan ditekan, setelah itu pikirkanlah perasaan-perasaan negatif anda seperti di omeli BOSS, tender batal, dll. Hal itu dilakukan agar oksigen dan energi pada otak lapisan ke-2 (otak lapis ke-2 berfungsi untuk mengolah perasaan anda, berada disekitar mata sampai kebelakang) dapat naik ke otak lapisan ke-3 (Otak lapisan ke-3 bekerja untuk berpikir jernih, dan berada pada bagian paling atas kepala), dengan begitu perasaan negatif anda akan ternetralisir dan pudar. Lakukan sekitar 2-6menit.
  4. Pijat-pijatlah kedua telinga anda sambil ditarik perlahan dan tenangkan pikiran. Karena telinga memiliki seluruh saraf pada tubuh seperti teknik akupuntur.
  5. Tekanlah bagian atas telinga sambil bergerak terus ke bawah telinga, membentuk tanda tanya “?”.
  6. Lakukanlah stratching pada otot-otot tangan, bahu, leher. Agar otot-otot anda relax, karena dengan otot yang relax maka anda akan sulit untuk mendapatkan strees itu.

Cara-cara diatas dapat anda lakukan dimana saja, kapan saja, oleh siapa saja. Tidak harus saat terjebak oleh kemacetan.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s