Macam-Macam Konfigurasi Mesin…

v-engine

Konfigurasi mesin adalah susunan silinder mesin pada kendaraan bermotor. Setiap mesin memiliki tingkat kerumitan yang berbeda-beda. Setiap mesin biasanya terdiri mulai dari 2 hingga 12 silinder:

  1. Identify inline enginesMesin disamping adalah mesin berkonfigurasi inline cylinder atau silinder segaris. Dengan konfigurasi seperti ini, mesin cukup menggunakan satu poros engkol dan satu garis kepala silinder. Kelebihan dari konfigurasi mesin ini yaitu mudah dipasang dan mudah diservis. Namun kelemahannya adalah mesin jenis ini memiliki tinggi yang cukup tinggi dan tenaga yang dihasilkan tidak sebesar mesin berkonfigurasi V.
  2. Identify vee type engines Gambar disamping adalah gambar mesin berkonfigurasi V atau biasanya orang barat bilang V-engine. Silinder disusun ke dalam 2 bentuk, bentuk bersudut 60 atau 90 derajat. Mesin ini menggunakan satu poros engkol. Masing-masing jurnal poros engkol digunakan untuk memasang 2 batang piston.  Lantaran memiliki 2 buah blok mesin, mesin jenis ini memiliki dua kepala silinder. Keuntungan mesin ini, yaitu memiliki tenaga yang lebih berlimpah dibanding inline silinder namun kerugiannya adalah boros BBM dan bila rusak lebih sulit diperbaiki dibanding inline.
  3. Slant Cylinder Engine adalah konfigurasi mesin segaris atau inline namun dengan posisi miring. Mesin jenis ini sama seperti inline dan dengan posisi ini, jenis mesin ini sangat cocok untuk minibus.
  4. ProduktbildKonfigurasi mesin ini sering disebut mesin boxer yang digunakan untuk mobil VW dan Porsche. Mesin jenis ini memiliki ketinggian mesin yang cukup rendah, karena sudut antar silinder berlawanan adalah 180 derajat dan hanya dengan satu poros engkol.
  5. Rad Cam radial engineKonfigurasi mesin ini memiliki lebih dari dua silinder dengan mengelilingi sebuah poros engkol dibagian tengahnya. Biasanya konfigrasi mesin ini digunakan untuk mesin pesawat terbang dengan pendingin udara. Kelemahan model ini adalah gerak batang piston yang lambat…
Advertisements

7 thoughts on “Macam-Macam Konfigurasi Mesin…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s