New Prius, Paling Irit dan Lebih Sporty

Prius2010design

Sejak pertama kali di ciptakan pada tahun 1997, Toyota Prius hadir dengan harapan dari seluruh dunia bahwa mobil ini dapat mencegah habisnya cadangan minyak dunia kita. Rumor begitu santer beredar yang mengatakan bahwa model Prius yang sejak tahun 1997 belum berubah sama sekali, di tahun 2010 mendatang akan mengalami facelift yang cukup besar dari segi model dan mesin. Modelnya menjadi lebih sporty, sehingga tidak merasa ketuaan bila yang memakai seorang eksmud (eksekutif muda). Produk anyar andalan pabrik berlambang three oval ini pertama kali hadir di acara Detroit Auto Show. Bila versi sebelumnya, Prius hanya di persenjatai mesin bensin 1500cc. Maka sekarang Prius akan di persenjatai oleh mesin 1600cc bensin. Naiknya kapasitas mesin Prius sekitar 100cc, tidak membuat Prius semakin boros. Untuk 100KM, Prius hanya membutuhkan 4.9liter di dalam perkotaan atau sekitar 1:20.4KM. Hal ini sangat bisa saja terjadi di karenakan bahan bodi yang digunakan Prius semakin ringan.

Inovasi terbaru yang diciptakan oleh para desainer Jepang adalah tidak adanya lagi delay saat perpindahan sumber tenaga dari bensin ke baterai. Bahkan tidak menutup kemungkinan, Prius ini akan di sisipi dengan Solar Panel pada bagian atap mobil. Gunanya solar panel ini untuk mengaktifkan AC dan Power Steering.

Masalah harga, Prius di banderol sekitar USD 22.160 atau sekitar 220jt Rupiah. Baik di Amerika maupun Jepang, para pembeli Prius mendapat insentif khusus dari pemerintah negara masing-masing. Andai hal itu juga dilakukan di Indonesia…..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s