Ben Pon, Bapak dari Volkswagen T1 dan T2

Ben Pon 9

Siapa yang tidak tahu Volkswagen T1 dan T2 atau biasa orang awam lebih menyebutnya Combi. Namun, mungkin masih banyak diantara rekan – rekan yang belum mengenal siapa pengagas pertama dari VW T1 ini. Untuk mengenalnya lebih jauh siapa kah lelaki yang fotonya kami pajang diatas ini dan apa yang ia kerjakan. Mari silakan melanjutkan membaca. 😀

Ben pon 1

Ide asli untuk van T1 atau Volkswagen Type 2 berasal dari Belanda Volkswagen importir Ben Pon, yang menggambar sketsa pertama van pada April 23, 1947Ben Pon tinggal dan bekerja di Amersfoort, Belanda. Pada tahun 1947, Pon Automobielhandel (Pon Car Dealer“), menjadi dealer pertama di luar Jerman untuk menjual kendaraan yang diproduksi oleh Volkswagen. Masih banyak sejarah VW di sini dan itulah mengapa Amersfoort adalah lokasi yang sempurna untuk membawa Barndoor bus terpisah bersama-sama!

Sejarah Tipe 2
Ben Pon 5 Ben Pon 6

Konsep untuk Tipe 2 dikreditkan ke Volkswagen importir Belanda Ben Pon. Pon mengunjungi Wolfsburg pada tahun 1946, berniat untuk membeli Type 1s untuk impor ke Belanda, di mana ia melihat sebuah improvisasi bagianmover plattewagen” dan menyadari sesuatu yang lebih baik itu mungkin menggunakan 1 panci Jenis saham. Dia pertama kali membuat sketsa van dalam doodle tanggal 23 April 1947, mengusulkan muatan 690 kg (1.500 lb) dan menempatkan pengemudi di depan sangat. Produksi harus menunggu, namun, seperti pabrik pada kapasitas memproduksi tipe 1.

Ketika kapasitas membebaskan prototipe dikenal secara internal sebagai Tipe 29 diproduksi dalam waktu singkat tiga bulan. Saham Type 1 pan terbukti terlalu lemah sehingga prototipe menggunakan chassis tangga dengan konstruksi unit body. Kebetulan wheelbase yang sama dengan tipe 1 ini. Insinyur kembali gigi reduksi dari Type 81, memungkinkan van 1,5 ton menggunakan 25 hp (19 kW) datar empat mesin.

Ben pon 3 Ben Pon 4
Meskipun aerodinamis dari prototip pertama yang miskin (dengan koefisien hambatan awal 0.75), insinyur menggunakan terowongan angin di Technical University of Braunschweig untuk mengoptimalkan desain. Perubahan sederhana seperti membelah kaca depan dan garis atap menjadi vee” membantu produksi Tipe 2 mencapai koefisien drag 0,44, melebihi Tipe 1 ini 0.48. Baru CEO Volkswagen Heinz Nordhoff (ditunjuk 1 Januari 1948) menyetujui van untuk produksi pada tanggal 19 Mei 1949 dan model produksi pertama, sekarang ditunjuk Tipe 2, berguling dari jalur perakitan untuk debut 12 November. Hanya dua model yang ditawarkan: Kombi (dengan dua jendela samping dan kursi tengah dan belakang yang mudah dilepas oleh satu orang), dan Komersial. Microbus ditambahkan Mei 1950, bergabung dengan Deluxe Microbus pada bulan Juni 1951 Dalam semua 9.541 Jenis 2s diproduksi pada tahun pertama produksi.

Model ambulans ditambahkan di Desember 1951 yang direposisi tangki bahan bakar di depan transaxle, menempatkan ban cadangan di belakang kursi depan, dan menambahkan tailgate” pintu belakang -gaya. Fitur-fitur ini menjadi standar pada tipe 2 dari tahun 1955 sampai 1967 11805 Jenis 2s dibangun pada model tahun 1951. Ini bergabung dengan pickup single-cab pada bulan Agustus 1952, dan itu mengubah sedikit dari Jenis 2s sampai semua yang banyak dimodifikasi pada tahun 1968.

Ben Pon 7 Ben Pon 2
Ben Pon Sr.
Ben Pon adalah seorang pengusaha Belanda. Pada tahun 1947, Pon Automobielhandel (Pon Car Dealer“), menjadi dealer pertama di luar Jerman untuk menjual kendaraan yang diproduksi oleh Volkswagen.

Ayah Ben, Mijndert Pon, memiliki toko (didirikan pada 1898) yang menjual mesin jahit, peralatan rumah tangga dan barang-barang tembakau di Arnhemseweg (Arnhem Station) di Amersfoort. Kemudian, ia menambahkan Opel sepeda dan sepeda bermotor untuk berbagai nya barang. Mulai tahun 1920, Pon menjual Opel dan Ford mobil serta ban Continental. Ben dan saudaranya Wijnand mengambil alih toko pada tahun 1931 dan menamainya Pon Automobielhandel. Pada tanggal 8 Agustus 1947, The Pons menjadi importir umum Volkswagen untuk Belanda. Selama tahun pertama, mereka menerima 51 Volkswagen Beetles dari Wolfsburg. Perusahaan juga menjadi importir Porsche pada tahun 1948.

Sebuah sketsa yang dibuat oleh Pon mengilhami insinyur di Volkswagen untuk mengembangkan VW Transporter Tipe 2 (van, biasa disebut VW Bus“), kendaraan yang menjadi ikon budaya bagi generasi Hippie tahun 1960-an.

Pada tahun 1949, pertama Beetle dikirim ke Amerika Serikat. Setengah juta yang mengikuti dengan 1960 A hanya dua tahun kemudian ada satu juta Kumbang di Amerika Serikat itu belum dipastikan bahwa Ben Pon secara signifikan terlibat dalam kisah sukses ini, meskipun ia berada di antara yang pertama untuk ekspor mereka ke dalam AS Ini bahkan tidak dapat membuktikan bahwa dia menjual pertama Beetle di Amerika Serikat. Dia, pada kenyataannya, tidak dapat menemukan mitra untuk distributor dan meninggalkan negara itu dengan tagihan hotel yang belum dibayar, tapi akhirnya membuatnya multijutawan dan salah satu orang terkaya di Belanda.

Pada tahun 1971, dealer dipisahkan dari divisi ekspor dan berlari dengan nama Pon Dealer. Audi kemudian menjadi mitra Pon. Bisnis terus tumbuh, dan pada tahun 1980 ia tergabung Pon Holdings: sebuah perusahaan swasta dibebaskan dengan sekitar 9.000 karyawan.

Anak Ben Pon adalah mantan Formula Satu pembalap Ben Pon, Jr

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s